Penerapan Pendidikan Agama Islam Dalam Lingkungan Keluarga

Iklan

Pendidikan didalam keluarga adalah pendidikan fundamen atau dasar dari pendidikan anak selanjutnya. Pendidikan agama merupakan pendidikan yang pertama dan utama yang sangat dibutuhkan bagi anak. Dimana hal tersebut secara langsung berpengaruh terhadap perilaku dan perkembangan anak. Sedangkan pendidikan agama pada anak keluarga muslim merupakan awal pembentukan kepribadian, baik atau buruk kepribadian anak tergantung pada pendidikan serta lingkungan yang mengasuhnya. Oleh karena itu, sebagai keluarga muslim, orang tua mempunyai kewajiban memberikan pendidikan dan bimbingan kepada anak. Mengingat pentingnya pendidikan agama, maka orang tua harus mempunyai pengetahuan yang cukup dalam menegakkan pilar-pilar pendidikan agama dalam keluarga.

Dengan demikian masalah yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah: Bagaimana strategi penerapan pendidikan agama pada anak keluarga muslim, faktor-faktor penunjang dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan agama pada anak keluarga muslim, disertai dengan solusi yang dapat dilakukan dalam mengatasi hambatan tersebut. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan serta menjawab permasalahan diatas.

Dalam pembahasan skripsi digunakan pendekatan teoritis dan empiris. Teoritis bersumber pada kepustakaan dan empiris dilakukan dengan mencari, mengamati, dan mengolah data dari lapangan, yang mengambil obyek di Desa Sonorejo Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan metode induktif dan deduktif, dan pengumpulan datanya menggunakan metode interview, observasi, angket, serta dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis diskriptif kualitatif yang ditunjang dengan pemakaian teknik prosentase, yang rumusnya sebagai berikut:
P= x 100%
Hasil penelitian secara ringkas menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan agama pada anak keluarga muslim di Desa Sonorejo Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri sudah bisa dikatakan baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya sikap orang tua yang selalu memperhatikan dan memerintahkan anaknya untuk melaksanakan sholat, memberikan materi pendidikan aqidah, ibadah dan akhlak dengan menggunakan metode pembiasaan dan metode lainnya, serta memberikan contoh atau teladan yang baik kepada anak-anaknya.

Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan agama pada keluarga muslim adalah dari dalam keluarga yaitu minimnya pengetahuan orang tua tentang agama, dan kesibukan orang tua bekerja diluar rumah. Dari faktor luar rumah yaitu pengaruh media massa (elektronik dan cetak).

Sedangkan untuk saran, penulis menyarankan kepada semua keluarga muslim untuk mengatasi hambatan-hambatan yang dialaminya dengan banyak membaca buku-buku agama atau bertanya kepada ahli agama, serta mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan.

Download file disini

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Penerapan Pendidikan Agama Islam Dalam Lingkungan Keluarga
Ditulis oleh Abid Muhammad Nur
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Penerapan Pendidikan Agama Islam Dalam Lingkungan Keluarga
Semoga artikel Penerapan Pendidikan Agama Islam Dalam Lingkungan Keluarga ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi