Kemampuan Siswa Dalam Memahami Kalimat Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Al-Huda Bonggah Ploso Nganjuk

Oleh: Hindun Sundanah, 3212993014, Kemampuan Siswa Dalam Memahami Kalimat Bahasa Arab di Pondok Pesantren al-Huda Bonggah Ploso Nganjuk, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Bahasa Arab, STAIN Tulungagung, Dosen Pembimbing: Dr. Imam Fuadi, M. Ag, 2003. 

Kata Kunci : Kemampuan Siswa Dalam Memahami Kalimat Bahasa Arab

Pendahuluan: Sebagaimana diketahui pondok pesantren merupakan suatu lembaga pendidikan dalam masyarakat Islam, proses pengembangan ilmu pengetahuan sampai saat ini yaitu sistem weton dan sorogan berkaitan dengan hal tersebut dibutuhkan proses kecermatan di dalam memahami suatu kalimat bahasa Arab.
Permasalahan: (1) Bagaimana kemampuan siswa dalam memahami fi'il dalam kalimat bahasa Arab. (2) Bagaimana kemampuan siswa dalam memahami fa'il dalam kalimat bahasa Arab. (3) Bagaimana kemampuan siswa dalam memahami maf’ul bih dalam kalimat bahasa Arab. (4) Bagaimana kemampuan siswa dalam memahami kalimat bahasa Arab di Pondok Pesantren al-Huda Bonggah Ploso Nganjuk.

Tujuan Penelitian: (1) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam memahami fi'il dalam kalimat bahasa Arab. (2) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam memahami fa'il dalam kalimat bahasa Arab. (3) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam memahami maf’ul bih dalam kalimat bahasa Arab. (4) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam memahami kalimat bahasa Arab di Pondok Pesantren al-Huda Bonggah Ploso Nganjuk. 

Prosedur Penelitian: 1. Pola penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dari santri yang ada sedang pengambilan sampelnya dengan menggunakan random sampling dengan sampel sebanyak 20 santri. 3. Sumber data: Pertama, responden, terdiri dari Bapak Kyai dan para guru serta para santri. Kedua, dokumentasi, berupa data yang ada di Kantor Pondok Pesantren Al-Huda Bonggah Ploso Nganjuk. 4. Variabel penelitiannya adalah variabel tunggal, yaitu “Kemampuan siswa dalam memahami kalimat bahasa Arab”. 5. Teknik pengumpulan data: observasi, interview, dokumentasi dan angket.

Hasil penelitian: (1) Kemampuan siswa dalam memahami kalimat fi'il dalam bahasa Arab adalah 60%. (2) Kemampuan siswa dalam memahami kalimat fa'il dalam bahasa Arab adalah 70%. (3) Kemampuan siswa dalam memahami maf’ul bih dalam kalimat bahasa Arab adalah 75%. (4) Jadi kemampuan siswa dalam memahami kalimat adalah 68%.

Filenya ada disini

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Kemampuan Siswa Dalam Memahami Kalimat Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Al-Huda Bonggah Ploso Nganjuk
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Kemampuan Siswa Dalam Memahami Kalimat Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Al-Huda Bonggah Ploso Nganjuk
Semoga artikel Kemampuan Siswa Dalam Memahami Kalimat Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Al-Huda Bonggah Ploso Nganjuk ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi