Kontribusi Khutbah Jum'at Dalam Pembinaan Kerukunan Antar Umat Beragama di Masyarakat (Studi Kasus Di Desa Tlogosari Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang)

Verawati, M. Erni. 2006. Kontribusi Khutbah Jum'at dalam Pembinaan Kerukunan Antar Umat Beragama Di Masyarakat (Studi Kasus di Desa Tlogosari Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang). Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Malang. Dosen Pembimbing: Drs. H. Muchlis Usman, M.A.

Kata Kunci: Kontribusi Khutbah Jum'at, Kerukunan

Kerukunan antar umat beragama dalam suatu masyarakat akan dapat terjalin jika anggota masyarakatnya menyadari dengan sepenuhnya bahwa perbedaan agama yang ada bukanlah suatu alasan untuk saling membenci dan saling membenarkan diri. Adanya pluralitas agama tersebut yang sudah merupakan sunnatullah seharusnya bisa menjadi suatu pengantar untuk saling memahami dan saling menghormati.

Rasa kekeluargaan yang begitu kental sangat terasa pada masyarakat desa Tlogosari yang terdiri atas beraneka ragama pemeluk agama. Dengan semangat kebersamaan di sana tidak pernah terjadi konflik yang mengatas-namakan agama. Hal itu juga dipengaruhi atas partisipasi beberapa pihak, di antaranya adalah melalui khutbah Jum'at. Dengan seringnya para khatib menyerukan tentang persatuan dan kesatuan masyarakat menjadi lebih paham dan mengerti tentang pentingnya menjaga perdamaian demi kelangsungan hidup bersama. Oleh karena itu penulis tertarik untuk menulis skripsi dengan judul Kontribusi Khutbah Jum'at Dalam Pembinaan Kerukunan Antar Umat Beragama, adapun jenis penelitian ini adalah studi kasus.

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan apa saja yang melatar-belakangi timbulnya kerukunan hidup antar umat beragama di desa Tlogosari, (2) Mengetahui apa saja kontribusi khutbah Jum'at dalam pembinaan kerukunan hidup antar umat beragama.

Dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: (a) Metode Interview yang ditujukan kepada para khatib untuk mengetahui tentang khutbah Jum'at dan beberapa hal yang berhubungan dengan pelaksanaan khutbah.(b) Metode Angket untuk memperoleh informasi dari masyarakat tentang kontribusi khutbah Jum'at dalam pembinaan kerukunan hidup antar umat beragama, (c) Metode Observasi dilaksanakan dengan datang langsung ke lokasi penelitian untuk memperoleh data yang berhubungan dengan permasalahan, (d) Metode Dokumentasi untuk memperoleh informasi dan data lebih lanjut tentang permasalahan yang akan diteliti. 

Dalam skripsi ini populasi yang diambil adalah 200 KK yang diambil dari 4 dusun yang ada di desa Tlogosari. Sedangkan untuk pengambilan sampel penulis mengambil 120 KK dari total populasi. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling, dimana pengambilan sampel dilakukan secara acak dan memberikan kesempatan kepada setiap individu untuk bisa dijadikan sampel. Adapun untuk analisa data penulis menggunakan analisa deskriptif untuk data yang bisa dijelaskan dengan uraian, sedangkan untuk data yang bersifat kuantitatif penulis menggunakan analisa prosentase dengan rumus:

P= x 100

dengan keterangan:
P = angka prosentase,
F = frekuensi yang sedang dicari,
N = jumlah frekuensi / banyaknya individu

Dari penelitian tersebut, penulis dapat memperoleh kesimpulan bahwa yang melatar belakangi timbulnya kerukunan di desa Tlogosari adalah: (1) Faktor pendidikan, sebagian besar penduduk yang telah mengenyam pendidikan lebih banyak mengetahui tentang pentingnya menjaga kerukunan antar umat beragama.(2) Kondisi lingkungan, keadaan dan situasi lingkungan yang kondusif dan jauh dari pengaruh sekularisme dan juga isu-isu sara membuat mereka bisa tetap hidup rukun meskipun berbeda keyakinan. (3) Letak geografis, letak desa Tlogosari yang agak terpencil menimbulkan rasa aman dan nyaman karena terhindar dari berbagai macam pengaruh kehidupan di kota besar yang lebih menyuguhkan prinsip individualisme. 


Download file disini
Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Kontribusi Khutbah Jum'at Dalam Pembinaan Kerukunan Antar Umat Beragama di Masyarakat (Studi Kasus Di Desa Tlogosari Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang)
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Kontribusi Khutbah Jum'at Dalam Pembinaan Kerukunan Antar Umat Beragama di Masyarakat (Studi Kasus Di Desa Tlogosari Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang)
Semoga artikel Kontribusi Khutbah Jum'at Dalam Pembinaan Kerukunan Antar Umat Beragama di Masyarakat (Studi Kasus Di Desa Tlogosari Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang) ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi