Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa

ABSTRAK

Moh. Ulil Albab, 2007. Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di MTs Tribakti Kunjang Kabupaten Kediri. Skripsi, Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.
Dosen Pembimbing: Drs. A. Fatah Yasin,M.Ag

Kata Kunci: Kesulitan belajar, upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar

            Sebagai kegiatan yang berproses, belajar merupakan unsur yang sangat fundamental dalam setiap penyelenggaraan jenis pendidikan. Ini berarti berhasil tidaknya pencapaian itu sangat bergantung pada proses belajar yang dialami siswa, baik ketika ia berada di sekolah maupun di lingkungan keluarganya. Sehingga pencapaian mutu pendidikan dalam kemampuan sistem pendidikan baik dari segi pengelolaan maupun proses pendidikan dapat diarahkan secara efektif. Bedasarkan hal tersebut dapat dirumuskan bagaimana kondisi belajar dan kesulitan apa saja yang dialami siswa di MTs Tribakti Kunjang Kab. Kediri, faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dan usaha-usaha apa yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa di MTs Tibakti Kunjang Kab. Kediri.
            Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kondisi belajar dan kesulitan apa saja yang dialami siswa di MTs Tribakti Kunjang Kabupaten Kediri, untuk mendiskripsikan faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan belajar siswa, dan mendiskripsikan usaha-usaha yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di MTs Tribakti Kunjang Kabupaten Kediri.
            Penelitian ini menggunakan paradigma deskriptif-kualitatif dengan perspektif fenomenologis. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dan sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam hal ini, analisis datanya menggunakan analisis kualitatif deskriptif yang berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

            Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara umum kondisi Belajar di MTs Tribakti berjalan lancar, sesuai dengan program yang direncanakan yang meliputi kegiatan pra-instruksional dan kegiatan instruksional (tujuan, materi, metode, evaluasi). Meskipun kondisi belajar di MTs Tribakti berjalan lancar, namun sebagian siswa ada yang mengalami kesulitan dalam belajar. Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa di MTs Tribakti terdiri dari gangguan alat indera, ketidak mampuan dalam belajar, rendahnya tingkat intelegensi atau kecerdasan dan minat, serta latar belakang fisik dan sosial. Sedangkan kesulitan belajar yang dialami siswa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya: dasar pembawaan siswa (intelegensi), latar belakang siswa (lingkungan keluarga), kurang adanya dorongan dan bimbingan dari orang tua. Berbagai upaya dapat dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa, diantaranya yaitu mengidentifikasi kesulitan belajar siswa, sebab-sebab serta upaya mencari solusinya. Kemudian diberikan bimbingan belajar dan program remedial teaching melalui pemberian tugas rumah setiap selesai belajar di sekolah, serta memberikan penyuluhan kepada orang tua/wali untuk memberikan motivasi belajar bagi pada putra-putrinya.


Download file lengkap disini

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa
Ditulis oleh Abid Muhammad Nur
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa
Semoga artikel Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi