PTK B. Indonesia: Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Teknik Pengamatan Objek Secara Langsung Pada Siswa Kelas X

Widowati. 2007.   Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Teknik Pengamatan Objek Secara Langsung Pada Siswa Kelas X Ma Al Asror Patemon Gunung Pati Semarang.

Skripsi jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang . Pembimbing I : Drs.S. Suharianto, Pembimbing II : Drs. Mukh Doyin, M.Si.

Kata Kunci : Peningkatan menulis puisi , teknik pengamatan objek secara
langsung.

Keterampilan menulis puisi siswa MA Al Asror Patemon Gunungpati Semarang masih rendah. Hal ini disebabkan oleh teknik pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa merasa bosan pada saat mengikuti pembelajaran. Peningkatan keterampilan menulis puisi perlu dilakukan dengan teknik yang tepat guna dan berdaya guna. Dalam hal ini guru sebagai fasilitator berperan penting memilih teknik pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran keterampilan puisi. Teknik pengamatan objek secara langung diharapkan tepat dalam peningkatan keterampilan menulis puisi.

Permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan teknik pengamatan objek secara langsung dan perubahan perilaku siswa kelas X MA Al – Asror Patemon Gunungpati Semarang pada saat mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik pengamatan objek secara langsung. Adapun tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa dan untuk mengetahui perubahan sikap siswa kelas X MA Al Asror setelah menggunakan teknik pengamatan objek secara langsung.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap pra tindakan siklus Siklus I dan Siklus II dengan subjek penelitian siswa kelas X MA Al Asror Patemon Gunung Pati Semarang. Pengumpulan data pratindakan dengan menggunakan teknik tes dan nontes. Instrumen nontes berupa observasi, jurnal, dan wawancara. Analisis data meliputi data kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan teknik pengamatan objek secara langsung nilai rata – rata kelas X MA Al Asror Patemon Gunungpati Semarang mengalami peningkatan sebesar 53,7 %. Nilai rata-rata pada prasiklus 60, pada tindakan siklus I nilai rata -rata yang diperoleh 72,1 artinya mengalami peningkatan sebesar 12,1 atau 31,8 %. Selanjutnya pada siklus II nilai nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan sebesar 20,4 atau 53,7 % bila dibandingkan dengan hasil sebelumnya. Perubahan sikap dan perilaku siswa kelas X MA Al-Asror menunjukkan perubahan yang positif, siswa lebih tertarik dan antusias dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik pengamatan objek secara langsung sehingga mudah dalam menulis puisi.

Download file lengkap disini

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: PTK B. Indonesia: Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Teknik Pengamatan Objek Secara Langsung Pada Siswa Kelas X
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: PTK B. Indonesia: Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Teknik Pengamatan Objek Secara Langsung Pada Siswa Kelas X
Semoga artikel PTK B. Indonesia: Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Teknik Pengamatan Objek Secara Langsung Pada Siswa Kelas X ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi