Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas IV SD

Puji Haryanto,NIM: 4102905031. Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Saptamarga 03 B Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007 Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pokok Bahasan Operasi Hitung Campuran Melalui Implementasi Pembelajaran Tutor Sebaya dan Penggunaan LKS.

Tes evaluasi soal cerita pada siswa hasilnya rendah. Berbagai upaya telah dilakukan oleh guru tetapi belum mampu menunjukkan hasil yang optimal. Melalui penelitian diimplementasikan pembelajaran tutor sebaya dengan penggunaan LKS pada pokok bahasan operasi hitung campuran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. Apakah melalui imlplementasi pembelajaran tutor sebaya dan penggunaan LKS dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan komunikasi Matematika siswa kelas IV SDN Saptamarga 03 B Semarang tahun pelajaran 2006/2007 dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan operasi hitung campuran? Tujuan penelitian ini adalah uhtuk menganalisis peningkatan hasil belajar dan kemampuan komunikasi Matematika siswa kelas IV SDN Saptamarga 03 B Semarang dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan operasi hitung campuran melalui implementasi pembelajaran tuitor sebaya dan penggunaan LKS.

Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di SDN Saptamarga 03 B Jalan Tamtama Barat VI Ngesrep Banyumanik Semarang pada kelas IV yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus meliputi perncanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Tiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Sumber data dari siswa dan guru kelas IV yang diperoleh dari evaluasi hasil belajar, hasil kerja kelompok, dan PR pada setiap siklus, juga hasil observasi tentang kegiatan guru dan siswa. Penelitian dikatakan berhasil jika sekurang-kurangnya 70 % siswa memperoleh nilai sekurangkurangnya 6,50 serta 60 % siswa mampu melakukan komunikasi matematika dengan baik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang mendapat nilai minimal 6,50 sebanyak 11 siswa atau sekitar 57,9 % sedangkan siswa yang aktif mampu melakukan komunikasi sekitar 56,2 % atau sekitar 11 siswa. Hasil tersebut belum memuaskan dan belum sesuai dengan yang diharapkan. Oleh arena itu perlu dilakuan siklus II, dan ternyata hasil evaluasi pada siklus II menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai sekurang-kurangnya 6,50 sebanyak 16 siswa atau sekitar 84,2 %, sedang hasil dari observasi aktivitas siswa menunjukkan siswa yang mampu melakukan komunikasi matematika sekitar 69 % atau sebanyak 13 siswa 

Simpulan yang dapat diambil adalah melalui implementasi pembelajaran tutor sebaya dan penggunaan LKS dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan komunikasi Matematika. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru kelas IV SDN Saptamarga 03 B hendaknya mencoba untuk menerapkan model pembelajaran tutor sebaya dan penggunaan LKS untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan komunikasi matematika siswa.

Dowmload file lengkap disini

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas IV SD
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas IV SD
Semoga artikel Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas IV SD ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi