Peningkatan Kemampuan Menyusun Paragraf Sederhana Melalui Media Gambar Siswa Kelas III SD

Kata Kunci; KemampuanParagraf sederhanaMedia Gambar

Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan  menulis mendapatkan bagian yang jelas. Menulis merupakan keterampilan akhir yang harus dapat dikuasai siswa. Pembelajaran menulis ini tidak untuk menjadikan siswa menjadi penulis, melainkan siswa gemar menulis. Namun patut disayangkan bahwasanya pelajaran menulis khususnya menulis paragraf sederhana  di SDN IV Ngrejo belum bisa mencapai standar yang diharapkan. Hal ini disebabkan banyak faktor. Salah satunya disebabkan kurangnya media yang digunakan oleh guru dalam mengajar sehingga siswa kurang antusias dalam menerima pelajaran. Oleh sebab itulah penulis mencoba untuk mengajukan media gambar sebagai alternatif untuk menarik minat siswa.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia: “Gambar adalah tiruan barang (orang, binatang, tumbuah, dsb) yang dibuat dengan coretan pensil pada kertas. Gambar tidak hanya terbatas pada tiruan orang, binatang, tumbuhan. Tapi bisa juga tiruan yang lainnya dan proses pembuatannya tidak terbatas pada coretan pensil. Bisa saja dengan pointer menggunakan mouse di program menggambar di komputer. Sedangkan media untuk menggambar tidak hanya terbatas pada kertas. Bisa saja pada dinding, lembaran kayu, atau bisa juga pada canvas imaginer di program menggambar di komputer”.
Setelah diterapkan perbaikan pembelajaran dengan media gambar, hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Hal ini tampak dari analisis hasil tes evaluasi yang dilakukan setelah akhir siklus kedua. Ketuntasan belajar kelas mencapai 87,5 % dan nilai rata-rata kelas adalah 78.82. Dengan demikian indikator keberhasilan yang ditetapkan dapat tercapai.
          Berdasarkan hasil pembelajaran dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa melalui media gambar pada pembelajaran menyusun paragraf sederhana untuk siswa kelas III SD Negeri IV Ngrejo Kecamatan Tanggunggunung Kabupaten Tulungagung semester I Tahun Pelajaran 2010 / 2011 dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia. Selanjutnya, sebagai saran kepada para pengajar, untuk bisa meningkatkan penggunaan media Bantu dalam pembelajaran sesuai dengan materi yang diajarkan untuk bisa menarik minat siswa dalam belajar.

Download file lengkap disini

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Peningkatan Kemampuan Menyusun Paragraf Sederhana Melalui Media Gambar Siswa Kelas III SD
Ditulis oleh Abid Muhammad Nur
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Peningkatan Kemampuan Menyusun Paragraf Sederhana Melalui Media Gambar Siswa Kelas III SD
Semoga artikel Peningkatan Kemampuan Menyusun Paragraf Sederhana Melalui Media Gambar Siswa Kelas III SD ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi