Skripsi PAI: Pendidikan Akhlak Pada Anak Jalanan di Rumah Singgah Al-Fadhali Jl. Kaliurang Malang

PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK JALANAN DI RUMAH SINGGAH AL-FADHALI JL. KALIURANG MALANG

Nama : M. Hasan Bisri
NIM : 99110143
Fakultas/Jurusan : Tarbiyah/Pendidikan Islam
Dosen Pembimbing : Drs. H.M Djumransjah, M.Ed
Kata Kunci : Pendidikan akhlak, Anak Jalanan 

Untuk menjadikan keberhasilan dalam pendidikan agama, maka pembinaan mental seseorang harus dimulai sejak dini. Semua penagalaman yang dilalui, baik yang disadari maupun yang tidak disadari menjadi unsur-unsur yang menggabung dalam kepribadian seseorang. Diantara unsur-unsur itu adalah nilai-nilai agama, moral dan sosial. Apabila dalam pengalamannya waktu kecil itu banyak mendapat nilai-nilai agama, maka kepribadiannya akan mempunyai unsur-unsur yang baik atau sebaliknya.

Begitu juga dengan anak jalanan yang banyak dijumpai di kota Malang. Karena kondisi ekonomi mereka yang kurang menguntungkan, sehingga membawa mereka turun ke jalanan yang sangat besar sekali pengaruhnya terhadap perilaku mereka cenderung negative karena berkecimpung dalam dunia jalanan. Hal ini sangat mengkhawatirkan masa depan bangsa Indonesia kalau mereka tidak dilandasi dengan pendidikan agama Islam yang matang.

Salah satu LSM yang ada di Malang yang tetap inten mengurus anak-anak jalanan adalah salah satunya rumah singgah al-Fadhali di jalan Kaliurang Malang, dimana rumah singgah tersebut adalah merupakan pusat kegiatan bagi anak-anak jalanan. Melalui rumah singgah tersebut diharapkan anak jalanan mendapatkan layanan yang arahnya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas. Salah satunya adalah dengan memberikan pendidikan akhlak dan pembinaan keagamaan kepada anak jalanan yang di titik beratkan pada pembinaan sholat, puasa, akhlak dan baca tulis al-Qur’an.

Berdasarkan pernyataan di atas, maka penulis terdorong untuk mengadakan penelitian di rumah singgah al-Fadhali menganai metode pendidikan akhlak di rumah singgah al-Fadhali tersebut terhadap anak jalanan.
Metode yang penulis gunakan dalam penulisan skripsi ini diawali dengan penentuan populasi, pengumpulan data menggunakan metode angket, interview, observasi dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, karena data yang diperoleh berupa angka dengan menggunakan rumus: P=F/N x 100%.

Dari penelitian yang dilakukan dapat diperoleh kesimpulan, bahwa pendidikan akhlak di rumah singgah al-Fadhali dilakukan dengan menggunakan pola klasikal, suri tauladan dan insindental. Sedangkan metode yang digunakan adalah dengan pembiasaan, suri tauladan dan nasehat. Materi yang diterapkan adalah sholat, puasa, baca tulis al-Qur’an dan akhlak. Dan hasil dari pembinaan tersebut dapat dikatakan sudah baik, karena sebagian anak telah melaksanakan apa yang diberikan dari pembinaan tersebut dan lebih meningkat sebelum mereka masuk ke rumah singgah.

Download file lengkap disini

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Skripsi PAI: Pendidikan Akhlak Pada Anak Jalanan di Rumah Singgah Al-Fadhali Jl. Kaliurang Malang
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Skripsi PAI: Pendidikan Akhlak Pada Anak Jalanan di Rumah Singgah Al-Fadhali Jl. Kaliurang Malang
Semoga artikel Skripsi PAI: Pendidikan Akhlak Pada Anak Jalanan di Rumah Singgah Al-Fadhali Jl. Kaliurang Malang ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi