Pembimbing I: Drs. Haryadi, M. Pd., Pembimbing II: Drs. Wagiran, M. Hum.
Kata kunci: membaca intensif, teks profil tokoh, pendekatan kontekstual, dan komponen inquiry
Dalam era globalisasi informasi seperti sekarang ini paparan tentang profil tokoh sangat banyak ditemukan di koran, tabloid,dan majalah. Banyak beredarnya teks profil tokoh mengindikasikan bahwa membaca intensif teks profil tokoh sangatlah penting. Mengingat pentingnya keterampilan membaca intensif teks profil tokoh, maka kompetensi dasar membaca intensif teks profil tokoh harus benar-benar dikuasai siswa. Berdasarkan pengamatan dan wawancara dengan guru, keterampilan membaca intensif teks profil tokoh siswa kelas VII B SMPN 10 Semarang masih rendah, hal ini terlihat pada nilai rata-rata hasil tes yang belum mencapai target. Rendahnya keterampilan siswa ini disebabkan oleh faktor siswa dan faktor pola pembelajaran guru yang kurang tepat. Pendekatan kontekstual komponen inquiry dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif teks profil tokoh. pendekatan kontekstual membantu guru mengaitkan materi dengan situasi nyata siswa dan mendorong keaktifan siswa untuk menghubungkan pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka. Berdasarkan uraian di atas, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan mengangkat permasalahan; 1) bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca intensif teks profil tokoh dengan pendekatan kontekstual komponen inquiry pada siswa kelas VII B SMPN 10 Semarang? dan 2) bagaimanakah perubahan tingkah laku siswa kelas VII B SMPN 10 Semarang setelah mengikuti pembelajaran membaca intensif dengan pendekatan kontekstual komponen inquiry? Berdasarkan permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca intensif teks profil tokoh dengan pendekatan kontekstual komponen inquiry pada siswa kelas VII B SMPN 10 Semarang, dan 2) mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa kelas VII B SMPN 10 Semarang setelah mengikuti pembelajaran membaca intensif teks profil tokoh dengan pendekatan kontekstual komponen inquiry.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri darri perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengambilan data melalui tes dan nontes. Subjek penelitian ini adalah keterampilan membaca intensif teks profil tokoh siswa kelas VII B SMPN 10 Semarang tahun ajaran 2005/2006. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca intensif teks profil tokoh dan penggunaan pendekatan kontekstual komponen inquiry. Alat pengambilan data berupa pedoman observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Data yang diperoleh dianalisis dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan membaca intensif teks profil tokoh kelas VII B SMPN 10 Semarang mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan kontekstual komponen inquiry. Peningkatan keterampilan siswa ini dapat dilihat dari hasil tes pratindakan, siklus I dan siklus II. Hasil pratindakan menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa 56,51 atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan siklus I, nilai rata-rata siswa menjadi 67,46, artinya ada peningkatan sebesar 10,95% dari pratindakan. Setelah dilakukan tindakan siklus II, nilai rata-rata menjadi 81 atau meningkat sebesar 13,54%. Masing-masing aspek dalam membaca intensif teks profil tokoh juga mengalami peningkatan. Aspek menyarikan riwayat hidup tokoh skor rata-rata pratindakan sebesar 58, rata-rata siklus I sebesar 72,3 dan rata-rata siklus II sebesar 85,6. Pada pratindakan, aspek menyimpulkan keistimewaan tokoh pratindakan sebesar 58, siklus I menjadi 72,3 dan siklus II meningkat menjadi 81,3. Aspek mencatat hal-hal yang bermanfaat skor rata-rata pratindakan 51, siklus I 56,4 dan siklus II meningkat sebesar 20% menjadi 76,4. Peningkatan keterampilan membaca intensif teks profil tokoh ini diikuti dengan perubahan perilaku siswa kelas VIIB SMPN 10 Semarang. Perilaku negatif siswa berubah menjadi perilaku positif. Pada siklus II siswa terlihat menikmati pembelajaran, mereka juga semakin aktif dan semangat mengikuti pembelajaran membaca intensif teks profil tokoh dengan pendekatan kontekstual komponen inquiry.
Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian yaitu, (1) guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya pada pembelajaran membaca, khususnya membaca intensif teks profil tokoh, menguasai berbagai pendekatan, metode dan teknik pembelajaran; (2) guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya dalam menyampaikan pembelajaran membaca intensif teks profil tokoh menggunakan pendekatan kontekstual komponen inquiry karena dengan pembelajaran yang melatih siswa untuk menemukan sendiri pengetahuan atau keterampilan dan mengaitkannya dengan dunia nyata siswa terbukti dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif teks profil tokoh dan mengubah perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran membaca; (3) siswa hendaknya dalam mengikuti pembelajaran membaca intensif teks profil tokoh dengan semangat dan perilaku positif; (4) peneliti di bidang pendidikan maupun di bidang bahasa hendaknya selalu termotivasi untuk melakukan penelitian tentang teknik-teknik pembelajaran sehingga diperoleh alternatif teknik pembelajaran baru khususnya pembelajaran membaca.
Download file lengkap disini
Download file lengkap disini
Judul: Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif Teks Profil Tokoh dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Inquiry pada Siswa Kelas VII
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif Teks Profil Tokoh dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Inquiry pada Siswa Kelas VII
Semoga artikel Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif Teks Profil Tokoh dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Inquiry pada Siswa Kelas VII ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
0 komentar:
Post a Comment
Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS