ABSTRAKSI
---------------------------. “.Peningkatkan Pemahaman Berhitung Dengan Media Gambar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II Sdn II Tertek Kabupaten Tulungagung”.
Kegiatan belajar mengajar merupakan tugas rutin seorang guru dalam mengembangkan bakat dan kemampuan. Untuk itu seorang guru dituntut selalu mengembangkan kecakapan secara profesional dalam mengelola kelas, agar bakat dan kemampuan siswa dapat berkembang secara optimal. Salah satu kecakapan professional yang perlu dikembangkan adalah kecakapan dalam menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan efektif. Kegiatan belajar mengajar di dalam kelas akan efektif apabila seorang guru selalu menggunakan media pembelajaran dalam menanamkan konsep kepada siswa, sehingga dapat menghilangkan konsep verbalitik, khususnya pada pembelajaran berhitung.
Penelitian ini bertujuan mengupayakan peningkatan pemahaman berhitung melalui penggunaan media gambar pada siswa kelas II SD Negeri II Tertek Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian dengan menyajikan pokok bahasan operasi bilangan khususnya soal cerita yang menggunakan media gambar, selanjutnya memberikan tes hasil belajar, serta mengamati proses belajar mengajar yang dilakukan guru.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas adalah tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan observasi untuk mengamati proses belajar mengajar yang dilakukan guru. Subyek penelitian berjumlah 37 siswa, dengan perincian 16 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Tes hasil belajar dianalisis dengan teknik kuantitatif dengan menggunakan perbandingan data hasil pre test dan post test, sedangkan teknik kualitatif diperoleh dari refleksi proses belajar mengajar yang dilakukan guru dengan menggunakan media gambar.
Setelah dilakukan analisis data diperoleh hasil penelitian bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran berhitung di kelas II SD Negeri II Tertek, terbukti menigkatkan pemahaman berhitung siswa. Hal tersebut diindikasikan dari pencapaian target pada siklus I rata-rata pre test 5,24 rata-rata post test 6,60; siklus II rata-rata pre test 7,09 rata-rata post test 7,62; siklus III rata-rata pre test 7,79 rata-rata post test 8,49; sesuai dengan indikator kinerja, yakni 80% siswa mampu mencapai hasil belajar berhitung >7,5.
Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti mengajukan saran sebagai berikut: 1) Guru harus senantiasa menggunakan media pembelajaran, khususnya media gambar dalam pembelajaran berhitung agar siswa lebih memahami materi pelajaran yang lebih konkret, 2) Guru harus kreatif dalam pembuatan media yang akan disajikan melalui media gambar sehingga menarik perhatian siswa.
Download file lengkap disini
Judul: Peningkatkan Pemahaman Berhitung Dengan Media Gambar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II Sdn II Tertek Kabupaten Tulungagung
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Peningkatkan Pemahaman Berhitung Dengan Media Gambar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II Sdn II Tertek Kabupaten Tulungagung
Semoga artikel Peningkatkan Pemahaman Berhitung Dengan Media Gambar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II Sdn II Tertek Kabupaten Tulungagung ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
0 komentar:
Post a Comment
Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS