Penerapan Metode Permainan Simulasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas II

Sekolah dasar sebagai sekolah awal untuk melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi sudah tentu siswa-siswanya harus diberikan pengetahuan yang lebih, khususnya dalam pembelajaran keterampilan berbicara, sehingga bisa diaplikasikan ke jenjang selanjutnya. Pembelajaran berbicara di sekolah dasar belum memuaskan dan belum memenuhi tuntutan berbicara seperti yang dibutuhkan masyarakat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dapat tidaknya meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan metode permainan simulasi dalam pembelajaran keterampilan berbicara dan untuk mengetahui respons siswa terhadap penerapan metode permainan simulasi pada pembelajaran keterampilan berbicara.

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas adalah permainan simulasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan observasi untuk mengamati proses belajar mengajar yang dilakukan guru. Subyek penelitian berjumlah 37 siswa, dengan perincian 16 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Tes hasil belajar dianalisis dengan teknik kuantitatif dengan menggunakan perbandingan data hasil pre test dan post test, sedangkan teknik kualitatif diperoleh dari refleksi proses belajar mengajar yang dilakukan guru dengan menggunakan media gambar.

Setelah dilakukan analisis data diperoleh hasil penelitian bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran berhitung di kelas II SD Negeri II Tertek, terbukti menigkatkan kemampuan berbicara siswa. Hal tersebut diindikasikan dari pencapaian target pada Siklus I rata-rata skor hasil belajar siswa adalah 6,85 meningkat menjadi 7,90 pada siklus II. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 15,32%. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 72,7% (belum memenuhi tuntutan kurikulum) meningkat menjadi 90,9% pada siklus II. Pada siklus II ini ketuntasan belajar klasikal yang dicapai sudah memenuhi tuntutan kurikulum.

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti mengajukan saran kepada guru agar menerapkanmodel pembelajaran permainan simulasi sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia sesuai dengan rancangan tindakan yang telah dipaparkan dan dilaksanakan oleh peneliti

Download file lengkap disini
Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Penerapan Metode Permainan Simulasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas II
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Penerapan Metode Permainan Simulasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas II
Semoga artikel Penerapan Metode Permainan Simulasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas II ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi