Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana dengan media gambar Siswa Kelas III Semester I SDN I Tertek Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2010 / 2011

Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Karangan Sederhana, dan Media Gambar.

Keterampilan menulis merupkan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu dimiliki oleh para siswa yang sedang belajar mulai dari tingkat pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Semakin tinggi tingkat kelas semakin meningkat dan berkembang kemahiran dalam menulisnya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas III SD Negeri I Tertek Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung masih relatif rendah. Rendahnya keterampilan siswa dalam menulis disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari siswa, sedangkan faktor eksternal berasal dari bahan ajar yang digunakan guru kurang tepat sehingga siswa merasa bosan dalam proses pembelajaran, Oleh sebab itu, penelitian ini berusaha untuk mencari solusi terhadap masalah di atas melalui pengajaran menulis dengan menggunakan media gambar.
Penelitian ini berusaha mengkaji masalah mengenai (1) Bagaimanakah  peningkatan kemampuan menulis siswa kelas III siswa SD Negeri I Tertek Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung dalam pembelajaran menulis karangan sederhana setelah diberi pembelajaran menulis dengan media gambar?, dan (2) Bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas SD Negeri I Tertek Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung dalam pembelajaran menulis karangan sederhana setelah diberi pembelajaran menulis dengan media gambar?
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas SD Negeri I Tertek Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung yang berjumlah 28.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan sederhana dengan media gambar rata-rata klasikal siswa kelas SD Negeri I Tertek Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung dari nilai prasiklus, siklus I sampai dengan siklus II mengalami peningkatan. Dari pelaksanaan penelitian siklus I diperoleh hasil bahwa secara individu masih ada beberapa siswa yang mendapatkan nilai dibawah standar yang ditentukan, yaitu 80,00. Nilai rata-rata klasikal menulis paragraf deskripsi pada prasiklus sebesar 64,38 mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 9,41dengan rata-rata sebesar 73,48 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 7,31 dengan rata-rata sebesar 80,79. Jadi, peningkatan kemampuan menulis karangan sederhana siswa dari prasiklus sampai siklus II sebesar 16,41. Peningkatan keterampilan menulis karangan sederhana siswa juga diikuti dengan perubahan tingkah laku negatif menjadi tingkah laku positif. Pada siklus II siswa terlihat senang dan menikmati pembelajaran, mereka semakin aktif dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
      Dari hasil penelitian keterampilan menulis paragraf deskripsi di atas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis siswa kelas SD Negeri I Tertek Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung mengalami peningkatan setelah mengikuti proses pembelajaran dengan media gambar dan tingkah laku siswa mengalami perubahan dari tingkah laku negatif menjadi tingkah laku positif. Adapun saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini ialah agar guru Bahasa Indonesia hendaknya menggunakan media gambar pada pembelajaran keterampilan menulis karena dengan pembelajaran ini terbukti dapat mendrong siswa aktif dan dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran menulis. Bagi siswa hendaknya mengikuti kegiatan pembelajaran menulis karangan sederhana dengan semangat dan berperilaku positif sehingga siswa dapat mengekspresikan gagasan dengan acuan gambar dalam bentuk karangan sederhana dengan tepat. Dan bagi peneliti dapat melakukan penelitian serupa dengan media pembelajaran yang berbeda sehingga didapatkan berbagai alternatif media pembelajaran menulis.

Download file lengkap disini

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana dengan media gambar Siswa Kelas III Semester I SDN I Tertek Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2010 / 2011
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana dengan media gambar Siswa Kelas III Semester I SDN I Tertek Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2010 / 2011
Semoga artikel Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Sederhana dengan media gambar Siswa Kelas III Semester I SDN I Tertek Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2010 / 2011 ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi