Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Kerja Kelompok dengan Penilaian Portofolio pada Pembelajaran Pecahan Desimal untuk Siwa Kelas VI

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah penilaian portofolio sebenarnya sangat cocok di era desentraliasi pendidikan, tetapi pelaksanan penilaian pengajaran melalui pertofolio oleh para guru di SD Bumirejo I Kecamatan Mungkid menurut penulis belum efektitf. Permasalahannya apakah melalui kerja kelompok dengan penilaian portofolio pada pembelajaran pecahan desimal siswa kelas VI SD Bumirejo I Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang dapat meningkatkan hasil belajar matematika?

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD bumirejo I Kecamatan Mungkid tahun pelajaran 2004/2005 dengan penilaian portofolio pada pembelajaran pecahan desimal. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Bumirejo 1 yang berjumlah 24 terdiri dari 13 anak laki - laki 11 anak permpuan. Semua siswa diberi pembelajaran melalui kerja kelompok dengan penilaian portofolio terdiri dari 2 siklus. Siklus I dibahas materi cara menjumlahkan pecahan desimal satu angka di belakang koma, tiga bilangan pecah tiga angka di belang koma, pecahan desimal dijumlah dengan bilangan asli, mengurangkan pecahan desimal, menjumlah dan mengurangkan pecahan desimal. Siklus 2 dibahas materi cara mengalikan pecahan desimal persepuluh dengan persepuluh, perseratus dengan perseratus, perseribu dengan perseribu.

Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi terhadap pembelajaran, tes berbentuk isian dan uraian dan angket yang diberikan kepada siswa. Analisis diawali dari proses pembelajaran dengan melihat masalah-masalah yang dihadapi siswa dan peneliti pada saat pembelajaran berlangsung. Kemudian hasil tes siklus 1 dan hasil tes siklus 2 dianalisis untuk dilihat hasilnya. Indikator keberhasilan jika rata siswa mencapai lebih dari 7,00 dan ketuntasan belajar lebih dari 70%.

Hasil penelitian menunjukkan, adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD Bumirejo I Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang dengan penerapan kerja kelompok melalui penilaian portofolio pada pembelajaran pecahan desimal. Hasil evaluasi diperoleh ketuntasan belajar siswa meningkat dari siklus 1 58,33% dan siklus 2 mencapai ketuntasan 87,5%, sedangkan daya serap siklus 1adalah 66,3% daya serap siklus 2 mencapai 79%. Mengingat pembelajaran melalui penerapan kerja kelompok dengan penilaian portofolio dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada pokok bahasan operasi hitung pecahan desimal maka seyogyanya guru dapat mempergunakannya dalam pembelajaran sehingga potensi siswa dapat ditumbuhkembangkan. Hendaknya guru selalu berkreasi untuk membuat pendekatan pembelajaran yang lebih benyak melibatkan siswa aktif dalam belajar mengajar sehingga dapat membantu siswa dalam belajar metematika.

Download file lengkap disini

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Kerja Kelompok dengan Penilaian Portofolio pada Pembelajaran Pecahan Desimal untuk Siwa Kelas VI
Ditulis oleh Abid Muhammad Nur
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Kerja Kelompok dengan Penilaian Portofolio pada Pembelajaran Pecahan Desimal untuk Siwa Kelas VI
Semoga artikel Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Kerja Kelompok dengan Penilaian Portofolio pada Pembelajaran Pecahan Desimal untuk Siwa Kelas VI ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi