TESIS : Pengaruh Kemampuan Membaca Buku dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar

Abstrak


Pujiawan, Retno. Program Pascasarjana Universitas Kanjuruhan Malang, Pengaruh Kemampuan Membaca Buku dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri IV Sumberbendo Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung

Kata Kunci : kemampuan membaca buku , motivasi belajar, dan prestasi belajar

Tidak ada bahasa, tidak ada teknologi. Ini berarti menunjukkan betapa pentingnya penguasaan ketrampilan berbahasa. Sebagai salah satu dari empat ketrampilan berbahasa, membaca merupakan ketrampilan yang sangat penting bagi siswa. Ini dianggap sangat penting bagi siswa sekolah dasar di Indonesia, karena tujuan pengajaran membaca di sekolah dasar ialah siswa sekolah dasar bisa membaca dengan efisien, cepat dengan pemahaman yang baik.
Kenyataan menunjukkan bahwa masih banyak siswa sekolah dasar yang belum mempunyai ketrampilan membaca dengan baik, mereka masih kesulitan untuk mendapatkan ide, topik, informasi tertentu dan tersirat.
Masalah yang paling umum adalah motivasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa sebagai faktor internal untuk mendukung keberhasilan siswa harus ditingkatkan melalui pendekatan secara profesional, personal dan sosial. Ini adalah tantangan bagi guru. Motivasi belajar seharusnya mendapat perhatian yang sama dengan kemampuan membaca.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah , kemampuan membaca buku, motivasi belajar dan kolaborasi keduanya mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV SD Negeri IV Sumberbendo Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan bentuk hubungan kasual. Adapun sasaran penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri IV Sumberbendo Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung yang berjumlah 30 siswa.
Untuk memperoleh data digunakan angket, kemampuan membaca buku dan persepsi siswa tentang motivasi belajar. Berdasarkan hasil analisa peneliti menyimpulkan bahwa hasilnya signifikan.

Download file lengkap di sini
Pasword silahkan request ke Admin melalui SMS. GRATIS
Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: TESIS : Pengaruh Kemampuan Membaca Buku dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: TESIS : Pengaruh Kemampuan Membaca Buku dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar
Semoga artikel TESIS : Pengaruh Kemampuan Membaca Buku dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

2 komentar:

bali backpacker said... Balas Komentar

ijin baca juragan....salam kenal..

Unknown said... Balas Komentar

silahkan gan. salam kenal juga

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi