Tesis: Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan dan Persepsi Metode Mengajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung

Kata Kunci : Pemanfaatan Perpustakaan, Metode Mengajar dan Prestasi Belajar.

Pembangunan sumber daya manusia dilakukan melalui proses pendidikan, mulai SD sampai Perguruan Tinggi. Dalam menyongsong keberhasilan otonomi daerah, diperlukan sumber daya manusia (tenaga) yang berkualitas. Untuk itu dilakukan pemanfaatan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembangunan nasional, yang merupakan usaha peningkatan kualitas sumber manusia dan masyarakat Indonesia. Permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia antara lain adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang, terutama pendidikan dasar dan menengah. Oleh karena itu kemampuan guru dalam mendorong siswa untuk berprestasi adalah sangat penting. Begitu juga kemampuan membina siswa untuk memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut : (1) Untuk mengetahui apakah pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa Kelas V SDN 1 Gilang Ngunut, Kabupaten Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan persepsi metode mengajar terhadap prestasi belajar siswa Kelas V SDN 1 Gilang Ngunut, Kabupaten Tulungagung. (3) Untuk mengetahui secara bersama-sama pengaruh yang signifikan pemanfaatan perpustakaan dan persepsi metode mengajar terhadap prestasi belajar siswa Kelas V SDN 1 Gilang Ngunut, Kabupaten Tulungagung.
Penelitian ini termasuk penelitian terapan, metode survey, tingkat eksplanasi asosiatif dengan  hubungan variable kausal, dan jenis data kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN 1 Gilang Ngunut, Kabupaten Tulungagung, yang berjumlah 40 orang siswa. Melihat subyek penelitian berjumlah relative tidak terlalu banyak (40 orang), maka sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik sampling jenuh, yaitu semua jumlah populasi dijadikan sample.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : (1) Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat dan dapat menyajikan temuan empirik tentang pemanfaatan  perpustakaan terhadap  prestasi belajar siswa Kelas V SDN 1 Gilang Ngunut, Kabupaten Tulungagung, (2) Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan informasi bagi lembaga pendidikan khususnya sekolah dasar agar dapat melakukan penyesuaian kebijakan, sehingga dapat meningkatkan mutu lulusannya, (3) Menambah referensi bagi peneliti lain dalam menganalisis lembaga pendidikan, khususnya dengan masalah tersebut untuk dikembangkan lebih lanjut.
Download file lengkap disini. Pasword silahkan minta ke admin gratis dengan kirim SMS

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Tesis: Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan dan Persepsi Metode Mengajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Tesis: Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan dan Persepsi Metode Mengajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung
Semoga artikel Tesis: Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan dan Persepsi Metode Mengajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

1 komentar:

Unknown said... Balas Komentar

sms ke nomor berapa?sy sudah dwonload...contoh tesis

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi