Pembangunan sumber daya manusia dilakukan melalui proses pendidikan,
mulai SD sampai Perguruan Tinggi. Dalam menyongsong keberhasilan otonomi
daerah, diperlukan sumber daya manusia (tenaga) yang berkualitas. Untuk itu
dilakukan pemanfaatan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembangunan
nasional, yang merupakan usaha peningkatan kualitas sumber manusia dan
masyarakat Indonesia .
Permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia
antara lain adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang, terutama
pendidikan dasar dan menengah. Oleh karena itu kemampuan guru dalam mendorong
siswa untuk berprestasi adalah sangat penting. Begitu juga kemampuan membina
siswa untuk memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar.
Penelitian ini
dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut : (1) Untuk mengetahui apakah pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa Kelas V SDN 1 Gilang
Ngunut, Kabupaten Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan
persepsi metode mengajar terhadap prestasi belajar siswa Kelas V SDN 1 Gilang
Ngunut, Kabupaten Tulungagung. (3) Untuk mengetahui secara bersama-sama
pengaruh yang signifikan pemanfaatan perpustakaan dan persepsi metode mengajar
terhadap prestasi belajar siswa Kelas V SDN 1 Gilang Ngunut, Kabupaten
Tulungagung.
Penelitian ini
termasuk penelitian terapan, metode survey,
tingkat eksplanasi asosiatif dengan
hubungan variable kausal, dan jenis data kuantitatif. Populasi
penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN 1 Gilang Ngunut, Kabupaten Tulungagung,
yang berjumlah 40 orang siswa. Melihat subyek penelitian berjumlah relative
tidak terlalu banyak (40 orang), maka sample yang digunakan dalam penelitian
ini adalah tehnik sampling jenuh, yaitu semua jumlah populasi dijadikan sample.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : (1) Hasil penelitian
ini diharapkan bermanfaat dan dapat menyajikan temuan empirik tentang
pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa Kelas V SDN 1 Gilang Ngunut,
Kabupaten Tulungagung, (2) Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan
informasi bagi lembaga pendidikan khususnya sekolah dasar agar dapat melakukan
penyesuaian kebijakan, sehingga dapat meningkatkan mutu lulusannya, (3)
Menambah referensi bagi peneliti lain dalam menganalisis lembaga pendidikan,
khususnya dengan masalah tersebut untuk dikembangkan lebih lanjut.
Download file lengkap disini. Pasword silahkan minta ke admin gratis dengan kirim SMS
Download file lengkap disini. Pasword silahkan minta ke admin gratis dengan kirim SMS
Judul: Tesis: Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan dan Persepsi Metode Mengajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Tesis: Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan dan Persepsi Metode Mengajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung
Semoga artikel Tesis: Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan dan Persepsi Metode Mengajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
1 komentar:
sms ke nomor berapa?sy sudah dwonload...contoh tesis
Post a Comment
Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS