Penggunaan Komputer Dalam Proses Pembelajaran

Iklan

Penggunaan Komputer Dalam Proses Pembelajaran ; TESIS




Penggunaan komputer sebagai alat bantu/media dalam proses pembelajaran merupakan salah satu upaya meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar para siswa. Dengan menggunakan media pengajaran ini, dalam proses belajar mengajar akan diperoleh manfaat diantaranya pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa dan materi pengajaran akan lebih dipahami oleh para siswa.

Menurut Sudjana dan Rivai (2001 : 2) mengatakan bahwa media pengajaran dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pengajaran yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapainya. Alasannya berkenaan dengan manfaat media pengajaran dalam proses belajar siswa antara lain : (a) Pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga akan dapat menumbuhkan motivasi belajar, (b) Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga akan lebih dipahami oleh para siswa dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajaran lebih baik, (c) Metode mengajar akan lebih bervariasi, (d) Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan dan lain – lain. Dengan demikian penggunaan komputer dalam proses pembelajaran akan mampu meningkatkan prestasi belajar.

Pengertian Dasar Komputer

Komputer yang merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi sudah mulai dikenal sejak abad 19. Pada awalnya komputer diciptakan dengan tujuan untuk menciptakan mesin perhitungan yang otomatis (Sharp, 1996). Edwar Humby dalam bukunya yang berjudul “Computers” mendefinisikan komputer sebagai “an electronic machine that processes data under the control of stored programs“.

Komputer adalah alat elektronik yang dapat mengelolah data dengan perantaraan program dan dapat memberikan/menampilkan hasil pengolahannya Suryanto dan Rusmali (1985). Sedangkan dalam buku yang berjudul “Computer Annual” mendefinisikan komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima (masukan), memproses input tersebut sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output (keluaran) dalam bentuk informasi (Sanusi, 1997).

Komputer Sebagai Media

Media adalah segala alat yang dapat menyajikan pesan serta dapat merangsang siswa untuk belajar. Contoh-contohnya : Buku. Film,Kaset, Komputer , LCD maupun audiovisual yang dapat di lihat, didengar dan di baca. Degeng (1989:180) mengemukakan bahwa media pengajaran adalah komponen strategi penyampaian yang dapat dimuati pesan yang akan disampaikan kepada si-pelajar, apakah itu orang, alat, atau bahan. Pada intinya media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi.

Download file lengkap tesis "PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN KOMPUTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA" disini.

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Penggunaan Komputer Dalam Proses Pembelajaran
Ditulis oleh Abid Muhammad Nur
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Penggunaan Komputer Dalam Proses Pembelajaran
Semoga artikel Penggunaan Komputer Dalam Proses Pembelajaran ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

6 komentar:

caNNguk[dot]com said... Balas Komentar

Guru d sekolah skrg dituntut bsa mengoperasikan komputer sbgai media pembelajarannya. sehingga mutu pendidikan akan meningkat

TV Online Full Channel said... Balas Komentar

Dimana2 yg menerima karyawan (loker) minimal bsa mengoperasikan Komputer (minimal Mic Office)

Loker said... Balas Komentar

Kunjungan perdana disini

Abid Muhammad Nur said... Balas Komentar

@caNNguk[dot]com:memang bener gan apalagi kalo mengingat gajinya yang semakin besar setelah sertifikasi. terima ksasih kunjungannya

Abid Muhammad Nur said... Balas Komentar

@TV Online Full Channel:bener juga gan. karyawan di suatu perusahaan emang minimal kudu bisa basic office. makasih kunjungannya

Abid Muhammad Nur said... Balas Komentar

@loker. segera kunjungan balik gan :D

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi