Pengaruh Sikap Kerja Guru dengan Kompetensi Guru

Pengertian Sikap Kerja Guru dan Kompetensi Guru


Sikap kerja guru adalah suatu kecenderungan seorang guru dalam merespon suka atau tidak suka terhadap pekerjaannya, yang pada akhirnya diungkapkan dalam bentuk tindakan atau perilaku yang berkenaan dengan profesinya. Respon dan perilaku seorang guru terhadap pekerjaannya dapat diungkapkan dalam bentuk kepercayaan dan kepuasan guru terhadap pekerjaannya maupun dalam bentuk perilaku yang ditampilkan. Kompetensi guru merupakan kemampuan dasar seorang guru dalam melaksanakan tugas keguruannya dengan kemampuan tinggi, baik kompetensi pedagogic, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, maupun kompetensi sosial.


Sikap merupakan kecenderungan merespon suka atau tidak suka terhadap suatu obyek. Selain itu sikap juga mengandung motivasi, yang berarti bahwa sikap mempunyai daya dorong bagi individu untuk berperilaku secara tertentu terhadap obyek. Sikap kerja guru mengandung makna sebagai suatu bentuk evaluasi atau reaksi perasaan seseorang guru terhadap pekerjaan yang diembannya, dalam hal ini sebagai tenaga pendidik dan pengajar disekolah.

Korelasi Sikap Guru dengan Kompetensi Guru


Guru yang memiliki sikap positif terhadap pekerjaannya, sudah barang tentu akan menampilkan persepsi dan kepuasan yang baik terhadap pekerjaannya maupun motivasi kerja yang tinggi, yang pada akhirnya mencerminkan seorang guru yang mampu bekerja secara professional, baik dalam kompetensi pedagogic, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, maupun kompetensi sosial.

Sikap kerja guru dengan indikator: (1) Percaya terhadap pekerjaan, yaitu kesesuaian pekerjaan dengan kemampuan, dan kesesuaian dengan minat guru, akan membawa dampak terhadap kompetensi guru. (2) Kepuasan terhadap pekerjaan, misalnya merasa senang terhadap pekerjaan yang digeluti, puas dengan gaji yang diterima, memiliki harapan untuk dipromosikan ke posisi atau jabatan yang lebih tinggi, dan lingkungan kerja yang kondusif, akan membawa dampak terhadap kompetensi guru. (3) Perilaku guru, yaitu sikap tanggung jawab guru terhadap pekerjaan, etos kerja, disiplin, dan kreatifitas guru, juga akan membawa pengaruh terhadap kompetensi guru.

Oleh karena itu, maka sejalan dengan kerangka berfikir tersebut dapat diduga bahwa terdapat hubungan atau korelasi positif antara sikap kerja guru dengan kompetensi guru, yang berarti sikap kerja guru pengaruh terhadap kompetensi guru.
Sumber: Tesis Bambang Irawan, Program IPS, Universitas Kanjuruhan Malang

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Pengaruh Sikap Kerja Guru dengan Kompetensi Guru
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Pengaruh Sikap Kerja Guru dengan Kompetensi Guru
Semoga artikel Pengaruh Sikap Kerja Guru dengan Kompetensi Guru ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi