Penggunaan Alat peraga dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar

Penggunaan Alat peraga dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar
SUHARTI, Program Pasca Sarjana Universitas Kanjuruhan Malang, Pengaruh Persepsi Tentang Penggunaan Alat peraga dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa ( Studi di Sekolah Dasar Negeri Segugus IV Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung). Komisi Pembimbing, Ketua : Prof. Dr. Lilik Kustiani,SS., M.M. Anggota : Drs. H Amir Sutedjo, SH., M.Pd.

Didalam kelas guru merupakan orang yang sangat penting dalam penyampaian materi pelajaran. Jika penyampaian materi tersebut tidak menarik minat siswa, hal ini akan berakibat siswa akan sulit menerima materi pelajaran. Oleh karena itu seorang guru harus mencari alat peraga pembelajaran dan cara belajar yang bervariasi agar siswa tidak cepat jenuh. Penggunaan alat peraga mempunyai peranan yang cukup penting dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan alat peraga terhadap prestasi belajar siswa. (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar siswa. (3) mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan alat peraga dan cara belajar terhadap prestasi belajar siswa.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri segugus IV Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung sejumlah 35 siswa. Dari total populasi tersebut diambil seluruhnya sebagai sampel penelitian, sehingga jumlah sampel adalah 35 siswa. Data-data penelitian tentang penggunaan alat peraga, data tentang cara belajar diperoleh melalui angket dengan menggunakan skala likert dan data prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial diperoleh dengan menggunakan metode dokumentasi. Selanjutnya data-data penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik regresi linier ganda dengan bantuan computer SPSS versi 17.0.

Secara umum hasil analisis menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa diperoleh nilai r hitung = 76,71 tingkat signifikan 0,000 dengan demikian hipotesis 1 diterima secara signifikan. Hasil analisis data cara belajar siswa diperoleh nilai r hitung = 69,71 tingkat signifikan 0,000 dengan demikian hipotesis 2 diterima secara signifikan.

Kesimpulan sebagai temuan hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang penggunaan alat peraga terhadap prestasi belajar siswa. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. (3) Secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang penggunaan alat peraga dan cara belajar terhadap prestasi belajar siswa.

Download file tesis Penggunaan Alat peraga dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar lengkap disini

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Penggunaan Alat peraga dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Penggunaan Alat peraga dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar
Semoga artikel Penggunaan Alat peraga dan Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi