Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS

Iklan

Tesis : ABSTRAK


Sri Arwiyani, Program Pascasarjana Universitas Kanjuruhan Malang, Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS (Studi di Sdn IX Kampungdalem, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung); Komisi Pembimbing, Ketua : Prof. Dr. Lilik Kustiani, SS, MM Anggota : Drs. H. Moh. Amir Sutejo, SH, M.Pd.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar Siswa


Pembangunan sumber daya manusia dilakukan mulai proses pendidikan, mulai SD sampai perguruan tinggi. Dalam menyongsong keberhasilan otonomi daerah, diperlukan sumber daya manusia atau tenaga yang profesionil, yang berkualitas dan berdedikasi tinggi. Oleh karena itu pemanfaatan kemajuan ilmu pengetahuan dan tegnologi dalam pembangunan nasional, merupakan usaha peningkatan kualitas sumber daya manusia dan masyarakat Indonesia yang dilakukan secara berkelanjutan, berdasarkan kemampuan nasional serta memperhatikan tantangan perkembangan flobal, yang dalam pelaksanaannya mengacu pada kepribadian atau karakter bangsa dan nilai luhur yang universal untuk mewujudkan kehidupan bangsa yang berdaulat, mandiri, berkeadilan, sejahtera, maju dan kukuh kekuatan moral dan etikanya, harus selalu mendapat perhatian, baik oleh pemerintah maupun masyarakat.

Dalam penelitian ini tujuan yang ingin dicapai adalah sebagai berikut : (1) Ingin mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS, (2) Ingin mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS, (3) Ingin mengetahui dan menganalisis secara bersama- sama pengaruh yang signifikan persepsi siswa dalam penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS.

Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN IX Kampungdalem Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung. Jumlah populasi yang digunakan adalah 39 orang siswa. Dengan jumlah populasi yang relatif sedikit, maka sample yang digunakan adalah teknik sampling jenuh, dimana sample yang dipakai adalah seluruh jumlah populasi.

Adapun hasil penelian yang diperoleh adalah : (1) media pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN IX kampungdalem, (2) motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN IX Kampungdalem, (3) Secara bersama- sama media pembelajaran dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN IX Kampungdalem.

Saran yang diberikan adalah : (1) Variabel media pembelajaran, belajar perlu upaya peningfkatan, yang dapat dilakukan baik dengan penggunaan media pembelajaran yang menarik dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, (2) Kemampuan guru dalam proses pembelajaran perlu selalu ditingkatkan khususnya yang berkaitan dengan motivasi belajar, melalui penataran/ seminar, studi lanjut, mengikuti workshop, KKG dan sebagainya, (3) Diperlukan penelitian yang mendalam tentang hal yang berkaitan dengan motivasi belajar dan media belajar, terutama yang menyangkut bentuk/ model sistem dan sebagainya, (4) Diperlukan penelitian tentang pengaruh hal- hal yang berkaitan dengan masalah diluar variabel bebas, seperti variase metode pembelajaran, kondidi sosial siswa, lingkungan belajar dan sebagainya terhadap prestasi belajar, (5) Perlu adanya perhatian terhadap hal- hal diluar variabel bebas tersebut seperti lingkungan belajar siswa, sikap orang tua terhadap pendidikan putra- putrinya, lingkuan sosial masyarakat, lingkungan sekolah, kondisi keluarga, sikap guru, sarana prasarana dan sebagainya.


Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS
Ditulis oleh Abid Muhammad Nur
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS
Semoga artikel Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi