Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Kelompok dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi belajar

ABSTRAKSI


astutik , 2012 ; Persepsi Siswa Tentang Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Kelompok dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi belajar Mata Pelajaran IPS Kelas VI SDN I Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2011/2012.

Kata Kunci : Metode diskusi kelompok, motivasi belajar, prestasi belajar


Dalam kegiatan belajar mengajar tidak semua anak didik mampu berkonsentrasi dalam waktu yang relatif lama. Daya serap anak didik terhadap bahan yang diberikan juga bermacam-macam, ada yang cepat, ada yang sedang, dan ada yang lambat. Faktor intelegensi dan motivasi mempengaruhi daya serap anak didik terhadap bahan pelajaran yang diberikan oleh guru. Cepat lambatnya penerimaan anak didik terhadap bahan pelajaran yang diberikan menghendaki adanya pemberian waktu yang bervariasi, sehingga penguasaan penuh dapat tercapai.

Rumusan permasalahan yang diajukan adalah : Adakah pengaruh yang signifikan persepsi tentang penggunaan metode diskusi kelompok  dan motivasi belajar  secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa Kelas V Tahun Pelajaran 2011/2012 SDN I Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui persepsi siswa tentang pengaruh yang signifikan penggunaan metode diskusi kelompok dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengrtahuan Sosial siswa Kelas V Tahun Pelajaran 2011/2012 SDN I Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung.

Penelitian ini termasuk penelitian dengan metode survey, tingkat eksplantion asosiatif dengan hubungan variable kausal, dan jenis data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN I Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah 35 siswa. Dalam penelitian ini karena jumlah anggota populasi kurang dari 100 ( 35 siswa ) maka seluruh anggota populasi diambil sebagai sampel ( sampel populasi / sampel jenuh ).

Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh nilai korelasi antara persepsi tentang pengaruh penggunaan metode diskusi kelompok dengan prestasi belajar sebesar 0,534 lebih besar dari nilai r tabel sebesar 0,312 dan nilai signifikan 0,000 kurang dari 0,05. Dengan demikian hipotesis nol (Ho) “tidak ada pengaruh yang signifikan antara persepsi terhadap penggunaan metode diskusi kelompok dengan prestasi belajar” ditolak, yang berarti penerimaan H1 atau ada pengaruh yang signifikan antara persepsi penggunaan metode diskusi kelompok dengan prestasi belajar.

Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh nilai korelasi antara motivasi belajar dengan prestasi belajar sebesar 0,534 lebih besar dari r tabel sebesar 0,312 dan nilai signifikansi 0,000 kuran dan 0,05. Dengan demikian hipotesis nol (Ho) “tidak ada hubungan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar” ditolak, yang berarti penerimaan H1 atau ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar.

Hasil penelitian Persepsi tentang pengaruh penggunaan metode diskusi kelompok SDN I Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung berada pada kategori tinggi. Tingkat motivasi belajar siswa SDN I Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung berada pada kategori tinggi. Tingkat prestasi belajar siswa SDN I Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung berada pada kategori tinggi. Persepsi tentang pengaruh penggunaan metode diskusi kelompok dan motivasi belajar mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan prestasi belajar. Semakin tinggi persepsi tentang pengaruh penggunaan metode diskusi kelompok maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa. Motivasi belajar mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan prestasi belajar siswa SDN I Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung yang berarti bahwa motivasi belajar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Untuk file lengkap Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Kelompok dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi belajar , silahkan Anda download disini. Password silahkan minta ke admin.

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Kelompok dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi belajar
Ditulis oleh Abid Muhammad Nur
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Kelompok dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi belajar
Semoga artikel Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Kelompok dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi belajar ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

1 komentar:

Junedi Ubaidillah said... Balas Komentar

bermanfaat.
http://tentarakecilku.blogspot.com/

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi