Tesis Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SD

Pengaruh Penggunaan Metode Kolaborasi dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengatahuan Sosial

Indonesia menaruh harapan besar terhadap pendidikan dalam perkembangan masa depan bangsa , karena dari sanalah tunas muda harapan bangsa sebagai generasi penerus dibentuk. Dengan demikian perlu disiapkan dan diberikan sarana maupun prasarananya dalam arti modal material yang cukup besar, tetapi sampai saat ini Indonesia masih berkutat pada problematika (permasalahan) klasik dalam hal ini yaitu kualitas pendidikan.

Abstrak


Gapur; 2012 :  Persepsi Tentang Pengaruh Penggunaan Metode Kolaborasi dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengatahuan Sosial Siswa Kelas V SDN II Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung.

Kata kunci           : metode kolaborasi ,motivasi ,prestasi belajar


Permasalahan rendahnya prestasi belajar yang terjadi di kelas V SDN II Sambijajar ini perlu dipecahkan, apabila prestasi belajar IPS selalu menurun terjadi berlarut - larut akan mempengaruhi pada kenaikan kelas dan persiapan ujian sekolah tahun yang akan datang. Yang pada gilirannya kepercayaan orang tua terhadap lembaga sekolah semakin menurun, Maka perlu adanya pemilihan metode mengajar yang tepat yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Rumusan permasalahn yang diajukan adalah : Adakah pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang penggunaan metode kolaborasi dan motivasi belajar secara bersama –sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa Kelas V SDN II Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2011/2012 ? Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui persepsi tentang pengaruh yang signifikan penggunaan metode kolaborasi dan motivasi belajar secara bersama - sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SDN II Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2011/2012 .

Berdasarkan nilai korelasi ganda antara persepsi siswa tentang penggunaan metode kolaborasi dan motivasi belajar dengan prestasi belajar sebesar 0,295 lebih besar dari nilai r tabel dan nilai sig (F) = 0,006 kurang dari 0,05. Hal ini berarti, bahwa hipotesis nol (H0) yang berbunyi : tidak ada Pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang penggunaan metode kolaborasi dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SDN II Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung pada taraf signifikasi α = 0,05 di tolak.

Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh nilai korelasi antara persepsi siswa tentang penggunaan metode kolaborasi dengan prestasi belajar sebesar 0,295 lebih besar dari nilai r tabel dan nilai signifikan 0,021 kurang dari 0,05. Dengan demikian hipotesis nol (H0) “tidak ada Pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang penggunaan metode kolaborasi dengan prestasi belajar” ditolak, yang berarti penerimaan H1 atau ada Pengaruh yang signifikan antara Persepsi siswa tentang penggunaan metode kolaborasi dengan prestasi belajar.

Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh nilai korelasi antara motivasi belajar dengan prestasi belajar sebesar 0,319 lebih besar dari r tabel dan nilai signifikansi 0,020 kurang dari 0,05. Dengan demikian hipotesis nol (H0) “tidak ada Pengaruh signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar” ditolak, yang berarti penerimaan H1 atau ada Pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar.

Berdasarkan nilai korelasi ganda antara persepsi siswa tentang penggunaan metode kolaborasi dan motivasi belajar dengan prestasi belajar sebesar 0,295 lebih besar dari nilai r tabel dan nilai sig (F) = 0,006 kurang dari 0,05. Hal ini berarti, bahwa hipotesis nol (H0) yang berbunyi : tidak ada Pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang penggunaan metode kolaborasi dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SDN II Sambijajar Kabupaten Tulungagung pada taraf signifikasi α = 0,05 di tolak.

Download file Tesis Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SD lengkap disini

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Tesis Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SD
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Tesis Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SD
Semoga artikel Tesis Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SD ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

1 komentar:

Try Out Online said... Balas Komentar

thanks pengertiannya gan.

Ayo ikuti cerdas cermat Online se-Jawa timur seri 2, dengan banyak hadiah jutaan rupiah dan juga ada tablet PC dan lain lain, kompetisinya garatis tidak di pungut biaya sepeser pun.

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi