Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru di Berbagai Negara

Tradisi Unik Merayakan Tahun Baru



Tahun baru tinggal menghitung hari. Para pedagang terompet mulai bertebaran hampir di setiap jalanan kota. Tak bisa dipungkiri, di Indonesia untuk merayakan tahun baru identik dengan tradisi unik tiup terompet yang biasanya berpusat di alun-alun kota. Orang dari desa berbondong-bondong menuju kota pada saat malam pergantian tahun. Bukan hanya para remaja saja yang merayakan malam pergantian tahun ini. Mulai dari yang masih kanak-kanak sampai dengan orang dewasa juga ikut menyemarakkan pergantian tahun ini. Kalau di Indonesia mempunyai tradisi unik meniup terompet, beberapa negara berikut juga mempunyai tradisi unik perayaan tahun baru. Ingin tahu? ikuti ulasannya yuk...

Bola Crystal raksasa

Amerika Serikat (USA)

Di Amerika utamanya New York, untuk perayaan tahun baru mereka mempunyai tradisi unik yaitu berkumpul di Times Square. Mereka berkumpul untuk menanti penghitungan detik-detik pergantian tahun yang ditandai dengan penurunan bola raksasa terbuat dari Waterford Crystal dengan diameter 182,8 cm, dan berat 485,34 kg yang disiarkan langsung jaringan TV Nasional. Tradisi unik perayaan tahun baru seperti ini sudah berlangsung sejak lebih dari 100 tahun yang lalu.

Brazil

Berbeda dengan USA, Brazil mempunyai tradisi unik perayaan tahun baru mengadakan pertandingan Marathon Saint Silvester yang diikuti oleh para pelari marathon dunia yang bertempat di kota Sao Paulo. Selain itu mereka juga mengadakan pesta kembang api dan pertunjukan musik selepas tengah malam atau setelah pergantian tahun. Tempat yang paling ramai dikunjungi adalah pantai Copacabana, Rio de Janeiro.

Spanyol

Malam tahun baru di Spanyol disebut dengan Nochevieja atau Fin de Año. Tradisi unik perayaan tahun baru di Spanyol dimulai dengan makan malam bersama keluarga. Hidangan yang disajikan biasanya berupa masakan dari udang, domba, atau ayam kalkun. Pakaian dalam berwarna merah yang dipakai pada malam tahun baru dipercaya mendatangkan nasib baik. Perhitungan detik-detik pergantian tahun mengikuti jam yang ada di gedung Casa de Correos dekat lapangan Puerta del Sol, Madrid. Orang Spanyol memiliki tradisi unik perayaan tahun baru yaitu dengan memakan 12 buah anggur, satu per satu mengikuti bunyi lonceng jam. Tradisi memakan 12 buah anggur bermula dari tahun 1909. 12 buah anggur identik dengan tahun baru. Setelah pergantian tahun, orang saling memberi selamat tahun baru sambil bersulang dengan gelas minuman anggur bersoda seperti cava atau sampanye, dan cider.

Suasana malam tahun baru di Spanyol
Setelah makan malam bersama keluarga dan makan anggur, anak-anak muda pergi ke tempat hiburan malam dan aula hotel untuk berpesta sampai pagi. Tradisi pesta ini disebut cotillones de nochevieja, dan berasal dari kata cotillón yang dalam bahasa Spanyol berarti pernik-pernik pesta. Di pagi harinya, peserta pesta biasanya berkumpul untuk menikmati hidangan sarapan pagi musim dingin berupa minuman cokelat panas dan churro (kue goreng).

Jepang

Lain halnya dengan Jepang. Sepanjang hari terakhir dalam setahun, orang Jepang disibukkan dengan berbagai tradisi "toshi koshi" (melewatkan tahun). Malam pergantian tahun (31 Desember hingga 1 Januari pagi hari) disebut "joya" (malam tahun baru), dan merupakan kesempatan berkumpul bagi anggota keluarga.  Tradisi unik perayaan tahun baru orang Jepang adalah menikmati makanan yang terdiri dari tiga jenis makanan yang diawetkan yaitu telur ikan, sebagai simbol kemakmuran; ikan sarden asap biasa disebut tatsukuri, yang berarti tanah yang subur; dan manisan tumbuhan laut yang diisyaratkan sebagai simbol perayaan. 

Italia

Di Naples, salah satu kota di Italia terdapat tradisi unik perayaan tahun baru dengan melemparkan barang-barang yang sudah usang atau tidak terpakai lagi ke luar jendela tepat pada pukul 24:00 antara tanggal 31 Desember dan 1 Januari. Sehingga jangan heran apabila Anda berjalan-jalan di Naples keesokan paginya menemukan banyak peralatan dapur, lemari es dan barang-barang rongsokan lainnya tersebar di jalanan

Jerman

Lain lagi dengan tradisi unik perayaan tahun baru di Jerman. Mereka mempunyai tradisi memakan makanan sisa perayaan tahun baru yang disebut New Years Eve. Hal ini dikarenakan adanya kepercayaan orang Jerman, jika mereka makan sisa hidangan pesta perayaan New Year's Eve di tanggal 1 Januari, mereka tidak akan mengalami kekurangan pangan selama setahun penuh. Di Berlin, makanan klasik yang biasa disajikan di hari istimewa ini ialah ikan mas. Hal yang unik, duri ikan mas tersebut akan dibagikan pada para tamu untuk dibawa pulang sebagai good luck charm. Sumber: id.wikipedia.orgwww.conectique.com

Itulah berbagai macam tradisi unik perayaan tahun baru di berbagai negara yang sekiranya bisa menambah wawasan kita.  Sekarang, apa kebiasaan atau tradisi anda untuk merayakan tahun baru? 

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru di Berbagai Negara
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru di Berbagai Negara
Semoga artikel Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru di Berbagai Negara ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi