Ringakasan Buku "Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD" bab 1


KEGIATAN BELAJAR 1
HAKIKAT BAHASA DAN BELAJAR BAHASA

A.     HAKIKAT BAHASA
1.      Pengertian Bahasa
Bahasa yang dalam bahasa Inggris-nya disebut language berasal dari bahasa Latin yang berarti “Lidah”. Bahasa merupakan alat komunikasi yang mangandung beberapa sifat yakni, sistematik, mana suka, ujar, manusiawi dan komunikatif. Disebut sistematik karena bahasa diatur oleh sistem. Setiap bahasa mangandung dua sistem, yaitu sistem bunyi dan sistem makna.
2.      Bentuk dan Makna
Bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi antaranggota masyarakat terbagi atas dua unsur utama, yakni bentuk (arus ujaran) dan makna (isi). Bentuk merupakan bagian yang dapat diserap oleh unsur panca indera (mendengar atau membaca). Bagian ini terdiri 2 unsur, yaitu unsur segmental dan unsur suprasegmental. Makna adalah isi yang terkandung dalam bentuk-bentuk di atas.
3.      Fungsi Bahasa
Bahasa sebagai alat komunikasi memiliki fungsi sebagai berikut.
a.       Fungsi informasi, yaitu untuk menyampaikan informasi timbal balik antaranggota keluarga ataupun anggota-anggota masyarakat.
b.      Fungsi iekspresi diri, yaitu untuk menyalurkan perasaan, sikap, gagasan, emosi atau tekanan-tekanan perasaan pembicara.
c.       Fungsi adaptasi dan integrasi, yaitu untuk menyesuaikan dan membaurkan diri dengan anggota masyarakat.
d.      Fungsi kontrol sosial. Bahasa berfungsi untuk mempengaruhi sikap, dan pendapat orang lain.
Fungsi Khusus Bahasa Indonesia
  1. alat untuk menjalankan administrasi negara.
  2. alat pemersatu berbagai suku yang memiliki latar belakang budaya dan bahasa yang berbeda-beda;
  3. wadah penampung kebudayaan.
4.      Ragam Bahasa
Ragam bahasa dapat diklasifikasikan berdasarkan bidang wacana. Dengan dasar ini ragam bahasa dapat dibedakan atas (a) ragam ilmiah, yaitu bahasa yang digunakan dalam kegiatan ilmiah, ceramah, tulisan-tulisan ilmiah; (b) ragam populer, yaitu bahasa yang digunakan dalam pergaulan sehari-hari dan dalam tulisan populer. Ragam bahasa dapat digolongkan menurut sarana dibagi atas ragam lisan dan ragam tulisan. Ragam bahasa dari sudut pendidikan dapat dibagi atas bahasa baku dan bahasa tidak baku.
B.     BELAJAR BAHASA
Belajar merupakan perubahan perilaku manusia atau perubahan kapabilitas yang relatif permanen sebagai hasil pengalaman. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar adalah berbagai kondisi yang berkaitan dengan proses belajar yakni kondisi eksternal dan kondisi internal.
Jenis keterampilan dan perilaku dalam proses belajar bahasa.
Keterampilan yang paling sederhana adalah keterampilan mekanis berupa hafalan atau ingatan. Keterampilan tahap berikutnya adalah pengetahuan berupa demonstrasi pengetahuan tentang fakta kaidah tentang bahasa yang dipelajari. Tahap ketiga adalah keterampilan transfer. Tahap keempat adalah komunikasi. Tahap kelima adalah kritik.

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Ringakasan Buku "Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD" bab 1
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Ringakasan Buku "Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD" bab 1
Semoga artikel Ringakasan Buku "Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD" bab 1 ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi