KEGIATAN BELAJAR 1
HAKIKAT BAHASA DAN BELAJAR BAHASA
A.
HAKIKAT BAHASA
1.
Pengertian Bahasa
Bahasa yang dalam bahasa
Inggris-nya disebut language berasal
dari bahasa Latin yang berarti “Lidah”. Bahasa merupakan alat komunikasi yang
mangandung beberapa sifat yakni, sistematik,
mana suka, ujar, manusiawi dan komunikatif. Disebut sistematik karena
bahasa diatur oleh sistem. Setiap bahasa mangandung dua sistem, yaitu sistem
bunyi dan sistem makna.
2.
Bentuk dan Makna
Bahasa yang digunakan sebagai
alat komunikasi antaranggota masyarakat terbagi atas dua unsur utama, yakni bentuk (arus ujaran) dan makna (isi).
Bentuk merupakan bagian yang dapat diserap oleh unsur panca indera (mendengar
atau membaca). Bagian ini terdiri 2 unsur, yaitu unsur segmental dan unsur suprasegmental. Makna adalah isi yang
terkandung dalam bentuk-bentuk di atas.
3.
Fungsi Bahasa
Bahasa sebagai alat komunikasi
memiliki fungsi sebagai berikut.
a. Fungsi
informasi, yaitu untuk
menyampaikan informasi timbal balik antaranggota keluarga ataupun
anggota-anggota masyarakat.
b. Fungsi
iekspresi diri, yaitu
untuk menyalurkan perasaan, sikap, gagasan, emosi atau tekanan-tekanan perasaan
pembicara.
c. Fungsi
adaptasi dan integrasi,
yaitu untuk menyesuaikan dan membaurkan diri dengan anggota masyarakat.
d. Fungsi
kontrol sosial. Bahasa
berfungsi untuk mempengaruhi sikap, dan pendapat orang lain.
Fungsi Khusus Bahasa Indonesia
- alat
untuk menjalankan administrasi negara.
- alat
pemersatu berbagai suku yang memiliki latar belakang budaya dan bahasa
yang berbeda-beda;
- wadah
penampung kebudayaan.
4.
Ragam Bahasa
Ragam bahasa dapat
diklasifikasikan berdasarkan bidang wacana. Dengan dasar ini ragam bahasa dapat
dibedakan atas (a) ragam ilmiah,
yaitu bahasa yang digunakan dalam kegiatan ilmiah, ceramah, tulisan-tulisan
ilmiah; (b) ragam populer, yaitu
bahasa yang digunakan dalam pergaulan sehari-hari dan dalam tulisan populer.
Ragam bahasa dapat digolongkan menurut
sarana dibagi atas ragam lisan dan
ragam tulisan. Ragam bahasa dari
sudut pendidikan dapat dibagi atas bahasa baku dan bahasa tidak baku.
B.
BELAJAR BAHASA
Belajar merupakan perubahan
perilaku manusia atau perubahan kapabilitas yang relatif permanen sebagai hasil
pengalaman. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar adalah berbagai
kondisi yang berkaitan dengan proses belajar yakni kondisi eksternal dan
kondisi internal.
Jenis keterampilan dan
perilaku dalam proses belajar bahasa.
Keterampilan yang paling
sederhana adalah keterampilan mekanis
berupa hafalan atau ingatan. Keterampilan tahap berikutnya adalah pengetahuan
berupa demonstrasi pengetahuan tentang fakta kaidah tentang bahasa yang
dipelajari. Tahap ketiga adalah keterampilan
transfer. Tahap keempat adalah komunikasi.
Tahap kelima adalah kritik.
Judul: Ringakasan Buku "Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD" bab 1
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Ringakasan Buku "Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD" bab 1
Semoga artikel Ringakasan Buku "Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD" bab 1 ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
0 komentar:
Post a Comment
Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS