Pengembangan Pendidikan Islam Yang Menjanjikan Masa Depan

Oleh : A. Malik Fadjar


Beberapa puluh tahun yang lalu, tepatnya tanggal 1 Juli 1959, setelah tamat sebagai siswa Ikatan Dinas Kementerian Agama (Detpartemen Agama) pada pendidikan Guru Agama Atas Negeri (PGAAN) di Yogyakarta, saya secara resmi diangkat sebagai guru agama dengan pangkat dan golongan : Guru Muda Agama (D2/I) pada SekolahRakyat Negeri (SRN) di Kabupaten  Sumbawa Besar Nusa Tenggara Barat.
            Tiga puluh enam tahun kemudian, berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. : 99192/A2.IV.1/C/1994, Saya secara resmi diangkat sebagai Guru Besar Madya dalam Ilmu Pendidikan Agama Islam pada IAIN Sunan Amapel Fakultas Tarbiyah Malang.
            Dua peristiwa diatas sengaja saya ungkap dan sekaligus sebagai pembuka orasi iini, karena jarak perjalanan selama 36 tahun itu (1959-1995), selain telah memberikan pengalaman hidup lahir dan batin dalam mengemban tugas profesi keguruan, juga semakin memperkuat keyakinan saya tentang arti strategis pendidikan dalam hidup dan kehidupan umat manusia. Karena sesungguhnya, “tiada kekayaan lebih utama dari pada akal, tiada kepapaan lebih menyedihkan dari pada kebodohan, dan tiada warisan lebih baik daripada pendidikan “(Nahjul Balaghah).  Dan, “sesungguhnya Tuhan tidak menempatkan manusia di atas manusia yang lain. Kalau kenyataan dalam masyarakat memang ada orang yang berkedudukan tinggi dan ada pula yang rendah, perbedaan ini disebabkan  karena yang berkedudukan tinggi telah mementingkan pendidikkan, sedangkan yang rendah , sebaliknya” Fukuzawa Yukichi, 1985).
            Berangkat dari keyakinan itu pada kesempatan yang baik dan dalam rangka memenuhi persyaratan formal serta berbaai pertanda simbolik untuk menduduki jabatan guru besar, hari ini, di hadapan sidang senat Institut dan hadirin yang terhormat, saya sampaikan pidato pengukuhan dengah tema :”Pengembangan Pendidikan Islam Yang Menjanjikan Masa Depan”. 
         Pemilihan tema ini didasarkan atas beberapa pertimbangan, antara lain pertama, sejarah telah mencatat tentang kehadiran dan peran pendidikan Islam dalam perjuangan bangsa Indonesia, khususnya dalam ikut memajukan dan mencerdaskan umat dan masyarakat, baik sebelum dan sesudah kemerdekaan; ke dua, konstitusi Negara Republik Indonesia yang bedasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 telah menempatkan keberadaan dan peran pendidikan Islam sebagai bagian tidak terpisahkan dari kebijakan politik pendidikan nasional; ke tiga, Undang-Undang nomnor 2 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional; ke empat, Obsesi umat Islam yang cenderung semakin kuat untuk mengembangkan pendidikan Islam sebagai pendidikan alternatif; Dan ke lima, sesuai dengan kedudukan saya sebagai staf pengajar pada IAIN Sunan Ampel Fakultas Tarbiyah di Malang-----salah satu lembaga pendidikan negeri yang betanggung jawab dalam melaksanakan sistem pendidikan nasional dan dalam pembangunan sumber daya manusia Indonesia.

File lengkap silahkan unduh di sini.

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Pengembangan Pendidikan Islam Yang Menjanjikan Masa Depan
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Pengembangan Pendidikan Islam Yang Menjanjikan Masa Depan
Semoga artikel Pengembangan Pendidikan Islam Yang Menjanjikan Masa Depan ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi