KEGIATAN BELAJAR 2
STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA
A.
PENGERTIAN STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA
Strategi bermakna rencana yang
cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus. Di dalam proses
pembelajaran guru harus memiliki strategi agar siswa dapat mencapai tujuan
pembelajaran dengan baik. Salah satu unsur dalam strategi pembelajaran adalah
menguasai teknik-teknik penyajian atau metode mengajar. Beberapa ciri metode
belajar yang baik, yaitu:
1. mengundang rasa ingin tau murid;
2. menantang murid untuk belajar;
3. mengaktifkan mental, fisik dan psikis
murid;
4. memudahkan guru;
5. mengembangkan kreatifitas murid; dan
6. mengembangkan pemahaman murid terhadap
materi yang dipelajari.
Beberapa metode yang perlu
dikuasai guru dalam mengatur strategi pembelajaran bahasa, yaitu:
- diskusi;
- inkuiri;
- sosiodrama
atau bermain peran;
- tanya jawab;
- penugasan;
- latihan;
- bercerita;
- pemecahan
masalah;
- karya
wisata.
B.
CONTOH PENERAPAN TEKNIK PENYAJIAN DALAM
STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA
- Teknik Diskusi
Tujuan penggunaan teknik
diskusi agar siswa dapat:
a. mengembangkan pengetahuannya untuk
mengatasi masalah;
b. menyampikan pendapatnya dengan bahasa yang
baik dan benar;
c. menghargai pendapat orang lain;
d. berpikir kreatif dan kritis.
Dalam teknik diskusi siswa
dilatih untuk:
a. merumuskan masalah;
b. menetapkan tema pembicaraan;
c. menyampaikan pendapat dengan bertanggung jawab;
d. menghargai pendapat orang lain;
e. menarik kesimpulan;
f.
menyusun
laporan diskusi.
- Inkuiri
Inkuiri adalah suatu cara yang
digunakan guru untuk mengajar di depan kelas yang dapat dilakukan dengan cara
murid-murid diberi kesempatan untuk meneliti suatu masalah sehingga ia dapat
menemukan cara penyelesaiannya.
Tujuan teknik inkuiri
a. Membentuk dan mengembangkan rasa percaya
diri
b. Mendorong siswa untuk berpikir dan bekerja
atas inisiatifnya sendiri
c. Mengembangkan bakat dan kecakapan individu
d. Memberi siswa kesempatan untuk belajar
sendiri
e. Mendorong murid untuk memperoleh informasi
Dengan teknik inkuiri ini
siswa dilatih untuk:
a. menyusun rencana kegiatan;
b. menentukan sasaran kegiatan;
c. menentukan target kegiatan;
d. berkomunikasi dengan orang lain;
e. mencari sumber informasi.
- Sosiodrama dan Bermain Peran
Teknik sosiodrama ialah
mendramatisasikan dan mengekspresikan tingkah laku, ungkapan, gerak-gerik
seseorang dalam hubungan sosial antarmanusia.
Tujuan teknik sosiodrama dan
bermain peran adalah agar siswa dapat:
a. memahami perasaan orang lain;
b. menempatkan diri dalam situasi orang lain;
c. mengerti dan menghargai perbedaan
pendapat.
Dalam sosiodrama dapat
mengembangkan kemampuan siswa dalam berlatih:
a. menjiwai peran yang dimainkan;
b. mengemukakan pendapat;
c. memecahkan masalah bersama;
d. menarik kesimpulan dari sebuah peristiwa;
dan
e. bersosialisasi dengan lingkungan.
- Teknik Tanya Jawab
Tanya jawab adalah suatu
teknik untuk memberi motifasi para murid agar timbul keberaniannya untuk
bertanya atau menjawab pertanyaan guru selama proses pembelajaran berlangsung.
Tujuannya adalah sebagai
berikut ini
a. Siswa dapat mengerti dan mengingat kembali
materi yang dipelajari, didengar atau dibaca.
b. Siswa dapat berpikir secara kronologis
atau runut.
c. Siswa dapat mengetahui taraf pengetahuan
dan pemahamannya.
d. Siswa dapat memahami bacaan.
Dalam tanya jawab siswa
berlatih:
a. merumuskan pertanyaan;
b. menyebutkan fakta;
c. menyampaikan opini atau tanggapan;
d. mengungkapkan kembali uraian secara runut;
e. menggunakan kata tanya;
f. bersikap kritis.Judul: Ringakasan Buku "Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD" bab 2
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Ringakasan Buku "Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD" bab 2
Semoga artikel Ringakasan Buku "Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD" bab 2 ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
0 komentar:
Post a Comment
Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS