Filsafat Penelitian Dalam Pengajaran Sebagai Upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia

Oleh : Drs. H.M.Djunaidi Ghony

A. Pendahuluan


          Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya ingin mengetengahkan masalah pengajaran dilihat dari kacamata filsafat penelitian dengan bertitik tolak pada analisis konsep, filsafat ilmu sosial beserta teori moral, dimana ketiga aspek tersebut bukan menunjukkan bagaimana satu filsafat berperan tetapi bagaimana filsafat berhubungan dengan penelitian pada bidang pengajaran serta tugas moral dalam mendidik manusia didik sebagai sumber daya manusia. Pembahasan ini bertumpu pada literature dan kenyataan yang selama ini banyak diungkap dan dibahas oleh para pakar, yang sekaligus memberikan inspirasi dalam pembahasan di forum yang terhormat ini.

            Keberhasilan pengajaran tidak dapat dilepaskan dari unsur manusia yang menggeluti pengajaran. Pengajaran sebagai suatu konsep perlu dipahami esensinya agar tidak terjadi dalam kerutinan, dalam kebekuan, tanpa menghiraukan dan memperhatikan pertumbuhan, perkembangan, maupun perubahan yang begitu cepat. Justru itu diperlukan adanya suatu analisis secara mendalam sehingga mampu memberikan, menyajikan suatu hasil yang betul-betul signifikan bagi kehidupan manusia didik sebagai sumber daya manusia sekaligus sebagai modal dasar pembangunan di sektor pendidikan pada masa kini maupun dimasa mendatang. Pembahasan ini sebagai bahan bekal , sebagai rangsanan dan acuan pada para wisuda wan dalam memahami pengajaran yang sebenarnya dilihat dari sudut pandang filsafat penelitian, filsafat ilmu sosial dan dari sudut pandang teori moral.

File lengkap silahkan unduh di sini.

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Filsafat Penelitian Dalam Pengajaran Sebagai Upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Filsafat Penelitian Dalam Pengajaran Sebagai Upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia
Semoga artikel Filsafat Penelitian Dalam Pengajaran Sebagai Upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi