Pemikiran Pendidikan Islam SOEKARNO

Studi Tentang Pemikiran Soekarno
Terhadap Realitas Dan Konsepsi Pendidikan Islam Di Indonesia

Oleh : Sodik Purnomo
Pembimbing : Drs.Asmaun Sahlan,M.Ag

ABSTRAKSI


             Islam adalah agama sempurna yang akan selalu sesuai setiap ajaranya dengan tingkat perkembangan dan kemajuan masyarakat yang selalu berubah dari waktu ke waktu.. Dimensi ajaran Islam yang pokok, seperti Iman kepada Allah, beribadah selalu kepada-NYA , tunduk kepada Allah SWT adalah tetap, tidak mengalami perubahan.Akan tetapi ajaran-jaran Islam yang berdimensi sosial selalu berubah sesuai dengan tingkat perubahan itu sendiri.
            Sejarah telah membuktikan bahwa ada pengaruh tokoh-tokoh perubahan Islam terhadap pola pikir masyarakat pada kurun waktu tertentu.Ini dimulai dari zaman para sahabat, tabi’in, tabi’-tabi’in sampai pada tokoh-tokoh pembaharuan Islam kontemporer, semisal Jamaluddin Al-Aghani,Abu ‘ala Al-Maududi, Muhammad Bin Abdul Wahab sampai pada tokoh-tokoh pembaharuan di Indonesia, seperti K.H. Hasyim Asy’ari, K.H.Ahmad Dahlan, dan lain-lain sampai pada Soekarno , presiden RI I, yang juga seorang muslim yang inten dalam pergulatan pemikiran Islam.
            Skripsi ini mempunyai tujuan untuk mengehui pemikiran Soekarno tentang pendidikan Islam, dan tentunya terlebih dahulu dibahas tentang pemikiran Soekarno tentang Islam.
            Dalam skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Library Reseach serta menggunakan analis isi dari objek penelitian yang berupa buku karya Soekarno dan buku tentang Soekarno sebagai penunjang penelitian ini.
                Akhirnya hasil penelitian dalam skripsi ini adalah bahwa Soekarno memiliki konsep, pemikiran historisitas Soekarno karena masyarakat yang mengalami stagnasi, dan beberapa strategi pendidikan Islam demi peningkatan menuju kearah kemajuan yang progresif. Soekarno tergolong pemikiran pendidikan Islam  yang selalu mengedepankan rasionalitas dalam setiap pengembangan pendidikan Islam , seperti tidak setujunya Soekarno tentang konsep pembedaan (dikotomi) antara ilmu agama dan Ilmu umum,ajaran fiqh yang konservatif, moral guru yang rusak,stagnasi pemikiran Islam dan sebaliknya Soekarno sangat mencita-citakan dan mendukung pada konsep pendidikan Islam yang dinamis berorientasi hanya tunduk kepada Allah SWT, ajaran pendidikan Islam yang mengacu pada fiqh dan syariat secara progresif searah dengan tingkat kemajuan masyarakat (modernitas) serta upaya menyeimbangkan antara pendidikan akal dan hati dalam pendidikan Islam .

Download file lengkap disini

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Pemikiran Pendidikan Islam SOEKARNO
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Pemikiran Pendidikan Islam SOEKARNO
Semoga artikel Pemikiran Pendidikan Islam SOEKARNO ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

1 komentar:

Anonymous said... Balas Komentar

bagus banget deh...trs profile yg nulisnya mana

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi