Analisis Peran Gender Bagi Perempuan Dalam Pendidikan ISLAM

Mukotimah, NIM: 3211983110/3110, 2002, Analisis Peran Gender Bagi Perempuan Dalam Pendidikan Islam, Skripsi, Program Studi: Pendidikan Agama Islam, Jurusan: Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing: Drs. Achmad Patoni, M.Ag.

Permasalahan: 1. Bagaimana konsep kesetaraan gender? 2. Bagaimana strategi pengembangan pendidikan dalam Islam ? 3. Bagaimana peran gender dalam Pendidikan Islam ?
Tujuan Penelitian: 1. Untuk mengetahui konsep peran dan kesetaraan gender dalam Islam. 2. Untuk mengetahui strategi pengembangan pendidikan Islam terhadap konsep peran dan kesetaraan gender. 3. Untuk mengungkap dan melihat tinjauan pendidikan Islam terhadap konsep peran dan kesetaraan gender.
Metodologi Penelitian: 1. Jenis penelitian/kajian dalam skripsi ini adalah kajian kepustakaan murni yaitu penampilan argumentasi penalaran keilmuan yang memaparkan hasil kajian pustaka dan hasil pikir peneliti mengenai topik (masalah). 2. Data dan Sumber Data: a. Data: Catatan dan publikasi tentang gender dan pendidikan Islam dalam berbagai buku, jurnal, makalah maupun hasil seminar dan sebagainya. b. Sumber Data: segala hal yang terkait dan berkorelasi dengan peran gender bagi wanita dan pendidikan Islam. 3. Metode Dan Instrumen Pengumpulan Data: Jenis Penelitian Kajian Pustaka (Library Research), b. Instrumen Pengumpulan Data: pedoman dokumentasi yang memuat garis-garis besar dari data., 3. Teknik Analisa Data: Teknik Analisa Data Kualitatif yaitu Teknik Reflektif Thinking (Hilir Mudik).

Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1. Konsep kesetaraan gender yang ideal memberikan ketegasan bahwa profesi individual baik dalam bidang spiritual maupun dalam urusan sosial (karir profesional) tidak mesti dimonopoli oleh salah satu jenis kelamin saja. Laki-laki dan perempuan memperoleh kesempatan yang sama dalam meraih prestasi optimal. Namun, dalam kenyataan di masyarakat, konsep ideal ini membutuhkan tahapan dan sosialisasi, karena masih terdapat sejumlah kendala budaya yang sulit diselesaikan. 2. Di dalam Al-Qur'an, prinsip-prinsip keadilan dan kesetaraan gender dapat dilihat sebagai berikut : a. Laki-laki dan perempuan sama-sama sebagai hamba, salah satu tujuan penciptaan manusia adalah untuk menyembah kepada Tuhan. b. Laki-laki dan perempuan sama-sama sebagai khalifah di muka bumi. c. Laki-laki dan perempuan menerima perjanjian primordial. d. Adam dan Hawa terlihat secara aktif dalam drama kosmis: 1) Keduanya diciptakan dari syurga dan memanfaatkan fasilitas syurga. 2) Keduanya mendapat kualitas godaan yang sama dari syetan. 3) Sama-sama memakan buah khuldi dan keduanya menerima akibat jatuh ke bumi. 4) Sama-sama memohon ampun dan sama-sama diampuni Tuhan. 5) Setelah di bumi keduanya mengembangkan keturunan dan saling melengkapi dan saling membutuhkan. c. Kesetaraan gender dapat dipahami kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan dan hak-haknya sebagai manusia agar mampu berperan dan beraprtisipasi dalam kegiatan pendidikan, politik, sosial dan budaya. 3. Pendidikan Islam adalah usaha sadar untuk menyiapkan manusia (peserta didik) agar berkembang menjadi muslim serta utuh yang berkualitas. Dengan kata lain, pendidikan Islam adalah usaha mengembangkan peserta didik agar menjadi manusia yang taqwa, cerdas dan terampil serta mampu berperan dalam masyarakat, nusa dan bangsa. Dalam pengembangan pendidikan dalam Islam meliputi : a. Pendidikan formal. b. Pendidikan informal. c. Pendidikan non formal. 4. Al-Qur'an secara eksplisit memposisikan perempuan pada hakekatnya sama seperti laki-laki, baik sebagai ‘abid maupun sebagai khalifah Allah di muka bumi. Perbedaan yang ada antara laki-laki dan perempuan dimaksudkan agar mereka dapat saling melengkapi dan mendukung guna mencapai misi hidup mereka di dunia

Download file lengkap disini

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Analisis Peran Gender Bagi Perempuan Dalam Pendidikan ISLAM
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Analisis Peran Gender Bagi Perempuan Dalam Pendidikan ISLAM
Semoga artikel Analisis Peran Gender Bagi Perempuan Dalam Pendidikan ISLAM ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi