Penyelamatan Manusia Modern Dari Krisis Spiritualitas

Dwi Nur Asiyah, Nomor Induk: 3211993025. Penyelamatan Manusia Modern Dari Krisis Spiritualitas (Kajian Pustaka Dengan Pendekatan Pendidikan Islam), Program Studi: Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan: Tarbiyah, STAIN Tulungagung, Pembimbing: Drs. Ali Rohmad, M.Ag.

Permasalahan Pengkajian: 1. Bagaimana tentang manusia modern, 2. Bagaimana tentang krisis spiritualitas manusia modern, 3. Bagaimana penyelamatan manusia modern dari krisis spiritualitas.
Tujuan Kajian: 1. Untuk mengetahui tentang manusia modern, 2. Untuk mengetahui tentang krisis spiritualitas manusia modern, 3. Untuk mengetahui penyelamatan manusia modern dari krisis spiritualitas.
Kegunaan Hasil Kajian: Pembahasan skripsi ini diharapkan menambah wawasan penulis dalam memahami kajian keislaman khususnya pendidikan Islam sebagai disiplin keilmuan yang akan penulis emban, serta persoalan manusia cenderung mengalami kegoncangan dan kegelisahan akibat pembangunan teknologi dan sains.

File ada disini

Prosedur Penelitian: 1. Jenis Penelitian: kajian pustaka, 2. Data, Hasil catatan dan publikasi tentang manusia modern dan krisis spiritualitas dalam berbagai buku, jurnal, makalah atau hasil seminar sedangkan, 3. Sumber data, segala hal yang berkaitan dengan manusia modern dan spiritualitas serta problem yang dihadapinya, 4. Metode dan instrument pengumpulan data: (a) Metode pengumpulan datanya adalah metode dokumentasi, (b) Instrument pengumpulan data adalah pedomaan dokumentasi, 5. Tehnik analisa data: Data kualitatif dengan analisis data induktif dan deduktif.

Kesimpulan Kajian: (1) Manusia modern adalah manusia yang cenderung dikuasai dan dimanipulasi oleh mitos-mitos, iklan-iklan, kampanye idiologi tanpa disadari; lambat laun membuat manusia kehilangan kemampuan untuk memilih dan mengambil keputusan, manusia tidak bisa menangkap sendiri tugas zaman, melainkan hanya menerima penafsiran resep dan perintah yang dibuat kaum “elit”. (2) Krisis spiritualitas adalah keadaan jiwa yang kosong akibat kehilangan keyakinan, keimanan dan jauh dari kehidupan relegius. Krisis ini bisa memunculkan rasa resah, gelisah tidak aman, tidak tentram dan bahkan seolah-olah terancam oleh kemajuan yang diperolehnya sendiri. (3) Penyelamatan manusia modern dari krisis spiritualitas adalah usaha penempatan manusia sebagai subyek kehidupan yang didasari atas nilai-nilai humanisme yang transendental, dengan demikian tak ada satupun persoalan kemanusiaan yang terlupakan dalam kehidupan ini, sehingga manusia dengan segala potensi yang dimilikinya akan mampu membuat tatanan kehidupan yang lebih manusiawi.

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Penyelamatan Manusia Modern Dari Krisis Spiritualitas
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Penyelamatan Manusia Modern Dari Krisis Spiritualitas
Semoga artikel Penyelamatan Manusia Modern Dari Krisis Spiritualitas ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi