Peranan Taubat Bagi Kesehatan Jiwa Menurut Pandangan Al-Qur’an

Oleh: Kafat Nur Arafatna, NIM: 323003006, Peranan Taubat Bagi Kesehatan Jiwa Menurut Pandangan Al-Qur'an, Program Studi: Tafsir Hadits, Jurusan: Ushuluddin, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing: Drs. Nur Effendi, Tahun 2004.

Permasalahan Penelitian: 1. Bagaimana peranan taubat sebagai terapi dalam menyembuhkan gangguan kejiwaan seseorang menurut al-Qur'an? 2. Bagaimana peranan taubat sebagai terapi pencegahan timbulnya gangguan jiwa sesuai ayat-ayat al-Qur'an? 3. Bagaimana peranan taubat dalam menjaga kesehatan jiwa menurut pandangan al-Qur'an?

Tujuan Penelitian: 1. Untuk mengetahui peranan taubat sebagai terapi dalam menyembuhkan gangguan kejiwaan seseorang menurut al-Qur'an. 2. Untuk mengetahui peranan taubat sebagai terapi pencegahan timbulnya gangguan jiwa sesuai ayat-ayat al-Qur'an. 3. Untuk mengetahui peranan taubat dalam menjaga kesehatan jiwa menurut pandangan al-Qur'an.

Urgensi Penelitian: 1. Untuk memberikan sumbangan wacana dalam kajian tafsir, khususnya tafsir maudhu’i (tematik) dalam hal peranan taubat bagi kesehatan jiwa. 2. Sebagai kepentingan ilmiah (Scientifie Need) dimana jawaban dari tulisan ini dapat dikembangkan baik dalam skala besar atau kecil sehingga adanya studi kelanjutan terhadap permasalahan yang dibicarakan.

Metode Penelitian: 1. Sifat dan bentuk penelitian: yaitu bersifat kualitatif deskriptif. 2. Metode pendekatan dan analisis: Yang digunakan dalam skripsi ini adalah: tafsir maudhu’i. 3. Sumber yang dipakai yaitu karya-karya yang ditulis oleh ilmuwan muslim maupun non muslim yang berhubungan langsung atau tidak langsung dengan materi pembahasan dalam skripsi ini.

Hasil Penelitian: 1. Peranan taubat sebagai terapi dalam menyembuhkan gangguan kejiwaan seseorang menurut al-Qur'an yaitu: a. Seseorang harus memiliki keyakinan atas luasnya rahmat Allah. b. Harus memiliki keimanan yang kuat terhadap kekuasaan Allah bahwa Dia adalah Maha Pengampun segala dosa. c. Harus optimis. d. Harus memiliki keyakinan bahwa taubat dapat menghapus dosa. Kesemuanya itu harus timbul pada diri sendiri. 2. Peranan taubat sebagai terapi pencegahan timbulnya gangguan jiwa sesuai ayat-ayat al-Qur'an yaitu: pengendalian diri (al-muqarabat), kebersihan jiwa orang yang bertaubat, dan peranan hati nurani, untuk melawan segala musuh-musuh (iblis dan setan) dan hawa nafsu. 3. Sedangkan peranan taubat dalam menjaga kesehatan jiwa yaitu: a. Hendaknya seseorang harus tetap menjaga kebersihan hatinya (tazkiyatu al-nafs) dengan cara mengkoreksi apa yang telah dilakukan. b. Hendaknya seseorang juga harus bisa menguasai dan mengendalikan hawa nafsunya (mujahadatu al-nafs).

Donlot disini

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Peranan Taubat Bagi Kesehatan Jiwa Menurut Pandangan Al-Qur’an
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Peranan Taubat Bagi Kesehatan Jiwa Menurut Pandangan Al-Qur’an
Semoga artikel Peranan Taubat Bagi Kesehatan Jiwa Menurut Pandangan Al-Qur’an ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi