Komik Indonesia Sebagai Media Komunikasi Alternatif Dalam Menyampaikan

Buku merupakan hasil perekaman dan perbanyakan (multiplikasi) yang paling populer dan awet. Berbeda dengan majalah, apalagi surat kabar, buku direncanakan untuk dibaca dengan tak seberapa mempedulikan kebaruannya karena tanggal terbitnya kurang mempengaruhi. Dengan demikian buku merupakan alat komunikasi berjangka panjang dan mungkin yang paling berpengaruh kepada perkembangan kebudayaan manusia dibandingkan sarana komunikasi lainnya. Sebagai alat pendidikan buku lebih berpengaruh kepada anak-anak didik daripada sarana-sarana lain (Shadily, 1989:1838).

Sementara itu, komik merupakan suatu bentuk seni populer yang hidup dalam masyarakat dan menjadi bahan bacaan merata di seluruh dunia. Penggemar komik terdiri dari berbagai kalangan tanpa membedakan usia, gender, dan profesi. Komik adalah suatu bentuk media komunikasi visual yang mempunyai kekuatan untuk menyampaikan informasi secara populer dan mudah dimengerti. Hal ini dimungkinkan karena komik memadukan kekuatan gambar dan tulisan, yang dirangkai dalam suatu alur cerita. Gambar membuatnya lebih mudah diserap, teks membuatnya lebih mudah dimengerti, dan alur membuatnya lebih mudah untuk diikuti dan diingat. 

Sebagai media komunikasi visual, komik dapat diterapkan sebagai alat bantu pendidikan, salah satu bentuk promosi bisnis, alat penyuluhan, pembentukan opini dalam pers, hingga sebagai alat kampanye/propaganda. Bentuknya pun sangat istimewa : singkat, fokus, dan bergambar, sehingga daya tariknya sangat kuat khususnya bagi kaum muda (Matra, 2001:5). Seperti halnya di Jepang, komik atau dalam bahasa Jepang disebut manga banyak dimanfaatkan untuk kepentingan pelajaran di kalangan masyarakat umum dan pendidikan sekolah (Atmakusumah dalam Setiawan, 2002:21).

Lanjutannya ada dizini

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Komik Indonesia Sebagai Media Komunikasi Alternatif Dalam Menyampaikan
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Komik Indonesia Sebagai Media Komunikasi Alternatif Dalam Menyampaikan
Semoga artikel Komik Indonesia Sebagai Media Komunikasi Alternatif Dalam Menyampaikan ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi