Inventarisasi Alga Hijau Bentuk Koloni di Rawa Senggreng

Alga hijau sebagian besar hidup di perairan tawar dengan bentuk talus berupa sel tunggal, filamen, koloni bukan filamen dan pseudoparenkim. Di perairan alga hijau bentuk koloni dapat bersifat plankton atau bentos yang menempel pada tumbuhan, pasir, batu, lumpur dan hewan.
Rawa Senggreng merupakan suatu tempat genangan air tawar yang permanen, Dengan kondisi tersebut dapat diduga bahwa alga hijau bentuk koloni kemungkinan besar dapat hidup dan ditemukan di rawa Senggreng.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui marga-marga alga hijau bentuk koloni yang ditemukan di rawa Senggreng dan marga yang paling sering ditemukan dalam setiap strata stasiun.
Penelitian ini menggunakan metode survei, data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif eksploratif dengan menggunakan kunci identifikasi alga menurut Smith (1950).
Populasi dalam penelitian ini adalah semua marga alga hijau bentuk koloni yang hidup di rawa Senggreng. Sampel penelitian ini adalah semua marga alga hijau bentuk koloni yang terdapat dalam 300 ml air dan yang menempel pada 5 potong, batang dan tangkai daun eceng gondok dan batang kangkung yang diambil dari setiap strata stasiun.
Pengambilan sampel dilakukan pada bulan Maret sampai Mei 2002. Lokasi penelitian dibagi menjadi 5 stasiun yang masing-masing dibagi menjadi 3 strata yaitu permukaan, kedalaman 0,5 meter dan epifit pada batang dan tangkai daun eceng gondok serta batang kangkung dan setiap strata diambil 3 tempat secara acak. Pengambilan sampel plankton dengan menggunakan botol kaca, sedangkan sampel epifit diambil dengan cara menyikat seluruh permukaan batang dan tangkai daun eceng gondok serta kangkung.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa di rawa Senggreng ditemukan Enam alga hijau bentuk koloni. Marga-marga tersebut adalah: Volvox, Gonium, Sphaerocystis, Gloeocystis, Tetraspora dan Stephanosphaera. Marga yang paling sering ditemukan adalah Volvox dan Tetraspora.
Donlotnya ada dizini

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Inventarisasi Alga Hijau Bentuk Koloni di Rawa Senggreng
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Inventarisasi Alga Hijau Bentuk Koloni di Rawa Senggreng
Semoga artikel Inventarisasi Alga Hijau Bentuk Koloni di Rawa Senggreng ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi