Peranan Perkawinan Dalam Pendidikan Anak Menurut Perspektif Islam

Oleh: Titik Nurhidayati, NIM: 321973121/2958, Peranan Perkawinan Dalam Pendidikan Anak Menurut Perspektif Islam, Program Studi: Pendidikan Agama Islam, Jurusan: Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing: Drs. H. Muhadi Latief, M.Ag., Tahun 2001.
Permasalahan Penelitian: 1. Bagaimana peranan perkawinan dalam pendidikan contoh dan keteladanan orang tua? 2. Bagaimana peranan perkawinan dalam pendidikan keimanan anak? 3. Bagaimana peranan perkawinan dalam pendidikan ibadah anak?   4.  Bagaimana  peranan  perkawinan  dalam pendidikan akhlak anak? 5. Bagaimana peranan perkawinan dalam pendidikan kemasyarakatan anak? 6. Bagaimana peranan perkawinan dalam pendidikan jasmani dan kesehatan anak?
Tujuan Penelitian: 1. Untuk mengetahui peranan perkawinan dalam pendidikan contoh dan keteladanan orang tua. 2. Untuk mengetahui peranan perkawinan dalam pendidikan keimanan anak. 3. Untuk mengetahui peranan perkawinan dalam pendidikan ibadah anak. 4. Untuk mengetahui peranan perkawinan dalam pendidikan akhlak anak. 5. Untuk mengetahui peranan perkawinan dalam pendidikan kemasyarakatan anak. 6. Untuk mengetahui peranan perkawinan dalam pendidikan jasmani dan kesehatan anak.
Kegunaan Penelitian: 1. Hasil penelitian ini akan berguna sebagai informasi dan bahan pertimbangan bagi masyarakat mengenai besarnya peranan perkawinan dalam ikut membina pendidikan bagi anak supaya menjadi sosok yang mempunyai nilai tambah, baik dari segi keteladanan, keimanan, ibadah, akhlak, kemasyarakatan, maupun dari segi jasmani dan kesehatan. 2. Berguna bagi penulis untuk menambah wawasan tentang pembuatan karya ilmiah sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Tulungagung, serta untuk menambah wawasan tentang perkawinan dan cara-cara mendidik anak kelak bila sudah berkeluarga. 3. Untuk menambah koleksi buku di perpustakaan.
Metode Penelitian: 1. Jenis penelitian: studi kepustakaan. 2. Subyek penelitian: sumber yang digunakan atau informasi yang meliputi keseluruhan pembahasan dari permasalahan perkawinan, pendidikan anak-anak, serta peranan perkawinan dalam pendidikan anak menurut perspektif Islam. 3. Metode pengumpulan data: a. Library research, b. Metode dokumentasi. 4. Teknik analisa data: Teknik analisa data kualitatif, a. Metode induktif. b. Metode deduktif. c. Metode komparasi.

Hasil penelitian: 1. Peranan perkawinan dalam pendidikan contoh dan keteladanan orang tua: Ayah dan ibu memberi contoh dan teladan yang baik kepada anak-anaknya agar berkembang ke arah kedewasaan, sebab apabila kelakuan mereka tidak sesuai dengan nasehat-nasehat yang diberikan, maka anak-anak tidak akan mau melaksanakan. 2. Peranan perkawinan dalam pendidikan keimanan anak: Ayah dan ibu mengajarkan dasar-dasar agama kepada anak-anaknya dengan cara memantapkan rukun iman yang enam. 3. Peranan perkawinan dalam pendidikan ibadah anak: Ayah dan ibu memberikan perlengkapan shalat kepada anak-anaknya yang suka menirukan shalat agar mereka gembira. 4. Peranan perkawinan dalam pendidikan akhlak anak: Ayah dan ibu mendidik anak-anaknya ke arah akhlak yang baik serta mencegah pergaulan dengan teman-teman yang jahat. 5. Peranan perkawinan dalam pendidikan kemasyarakatan anak: Ayah dan ibu membiasakan anak-anaknya untuk hidup saling tolong-menolong, bersikap ramah-tamah, toleransi, bisa mengendalikan diri, serta pandai menyesuaikan diri dengan anggota keluarga. 6. Peranan perkawinan dalam pendidikan jasmani dan kesehatan anak: Ayah dan ibu membantu pertumbuhan dan perkembangan anak-anaknya dari segi jasmani (misalnya senam) juga dari segi kesehatan (misalnya pengetahuan tentang makanan sehat, menjaga kebersihan badan, kebersihan gigi, mandi, mencuci tangan sebelum makan, memotong kuku, buang air di tempat yang sudah disediakan, dan sebagainya).
Download file disini

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Peranan Perkawinan Dalam Pendidikan Anak Menurut Perspektif Islam
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Peranan Perkawinan Dalam Pendidikan Anak Menurut Perspektif Islam
Semoga artikel Peranan Perkawinan Dalam Pendidikan Anak Menurut Perspektif Islam ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi