Membangun Profesionalitas Guru Agama

Guru agama dalam proses pendidikan memiliki peran besar dan posisi strategis dalam mengantarkan anak didik pada tujuan pendidikan. Peran guru, sangat dirasakan keberadaannya, terutama untuk pendidikan dasar dan menengah, walaupun masih banyak variabel lain yang mempengaruhi kualitas hasil pendidikan, namun guru masih mendominasi, bahkan di beberapa lembaga pendidikan tidak jarang guru masih berperan sebagai satu-satunya sumber belajar bagi peserta didik. Sebab itulah peningkatan profesionalitas guru harus dilakukan secara terus-menerus dan berkesinambungan.

Di sisi lain, pendidikan agama dalam sistem pendidikan nasional menduduki posisi strategis, hal ini dapat dilihat dalam UUSPN pasal 29 ayat (2), bahwa isi kurikulum setiap jenis, jalur dan jenjang pendidikan wajib memuat (a) pendidikan pancasila; (b) pendidikan agama; dan © pendidikan kewarganegaraan. Penjelasan ayat (2b) pasal 29 UUSPN menyebutkan bahwa pendidikan agama merupakan usaha untuk memperkuat iman dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama yang dianut oleh peserta didik yang bersangkutan dengan memperhatikan tuntutan untuk mengormati agama lain dalam hubungan kerukunan antar umat beragama dalam masyarakat untuk mewujudkan persatuan nasional. Lebih jauh, pendidikan agama tersebut mempunyai tugas dan fungsi untuk membangun fondasi kehidupan pribadi bangsa Indonesia, yaitu fondasi mental-rohaniah yang berakar pada faktor keimanan dan ketaqwaan yang berfungsi sebagai pengendali, pattern of reference spiritual dan sebagai pengokoh jiwa bangsa melalui pribadi-pribadi yang tahan terhadap godaan negatif yang datang pada dirinya. Dengan demikian mereka tidak mudah terbawa oleh arus globalisai budaya yang semakin kompleks.

Download file disini


Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Membangun Profesionalitas Guru Agama
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Membangun Profesionalitas Guru Agama
Semoga artikel Membangun Profesionalitas Guru Agama ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi