AL-TAHKIM (Peradilan Swasta Ala Islam)

           Secara umum al-tahkim dipahami sebagai penyelesaian sengketa diluar pengadilan formal. Jauh sebelum lembaga Arbitrase dikenal oleh dunia barat, Islam telah memperkenalkannya dengan nama al-tahkim. Hal ini termaktub dalam al-Qur’an Surat al-Nisa : 35 mengenai penyelesaian sengketa perkawinan (konplik rumah tangga) yang dalam hukum Islam populer dengan al-Syiqaq. Al-Qur’an memerintahkan kepada keluarga pihak suami dan pihak istri supaya masing-masing mengutus seorang hakam untuk mengatasi kemelut rumah tangga agar dapat dicapai salah satu dari dua alternatif. Yaitu merukunkan kembali hubungan suami istri dalam suatu rumah tangga atau menyarankan kepada suami istri untuk memutuskan hubungan perkawinan karena tidak ada kemungkinan untuk rukun kembali. Implementasi konsep al-tahkim ini tentu saja sebagai suatu lembaga dalam hukum Islam tidak hanya terbatas pada kasus-kasus rumah tangga saja akan tetapi lebih luas dari itu adalah bisa diterapkan pula untuk semua kasus yang dapat diselesaikan dengan mengedepankan konsep damai yang paling diutamakan.
            Islam menawarkan suatu prinsip yang bertujuan membentuk suatu putusan setelah para pihak yang bersengketa itu didengar keterangan-keterangan mereka sehingga terjadilah suatu pertukaran pemikiran secara jernih dan dengan penuh kesabaran.
            Makalah sederhana ini coba mengangkat salah satu bentuk peradilan yang bersifat mandiri untuk diterapkan sebagai tawaran Islam dengan mengedepankan konsep Ishlah ‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎‎untuk menyelesaikan berbagai macam persengketaan yang terjadi dalam masyarakat.

Download file disini
Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: AL-TAHKIM (Peradilan Swasta Ala Islam)
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: AL-TAHKIM (Peradilan Swasta Ala Islam)
Semoga artikel AL-TAHKIM (Peradilan Swasta Ala Islam) ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi