Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Siswa Di Sekolah Menengah Umum Negeri 1 Ngantang

Iklan

Pendidikan agama Islam bertujuan untuk membentuk pribadi anak, yang mana bukan saja semata-mata hanya menyangkut masalah intelek saja, bahkan dalam pendidikan agama tersebut diharapkan sekaligus dapat mencapai tiga macam kemampuan, yaitu: kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik.

Disamping itu tanggung jawab masyarakat terhadap pendidikan adalah sebagaimana masing-masing anggota masyarakat ikut menciptakan suatu sistem pendidikan dalam masyarakat hingga mendorong masing-masing anggota masyarakat untuk mendidik dirinya sendiri agar bersedia mendidik anggota masyarakat lainnya. Itu berarti masyarakat merupakan lembaga ketiga setelah keluarga dan sekolah untuk memberi pengaruh dan arahan kepada anak begitu juga lembaga sekolah yang biasa disebut pendidikan formal yang merupakan salah satu usaha pemerintah dalam membina dan meningkatkan potensi serta kepribadian anak melalui pendidikan dan pengajaran untuk mencapai pendidikan nasional. Dan salah satu mata pelajaran dalam kurikulum pendidikan nasional adalah pendidikan agama.

Jadi pendidikan sangat penting dalam kehidupan dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Pendidikan sangat dibutuhkan baik dalam kehidupan seseorang, keluarga, maupun bangsa dan negara. Maju dan mundurnya sesuatu bangsa banyak ditentukan oleh maju dan mundurnya pendidikan negara itu. Mengingat sangat pentingnya dalam kehidupan, maka pendidikan harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sehingga akan dapat dicapai suatu hasil yang diharapkan.

Berangkat dari pemikiran diatas, penulis mengadakan penelitian pada sebuah lembaga pendidikan yaitu sekolah menengah umum negeri 1 Ngantang dengan judul : Peranan pendidikan agama Islam dalam meningkatkan mutu pendidikan siswa di sekolah menengah umum negeri 1 Ngantang.

Adapun tujuan penulis membahas masalah ini adalah untuk mengetahui peranan pendidikan agama Islam yang ada di sekolah menengah umum negeri 1 Ngantang dan usaha dalam meningkatkan mutu pendidikan siswa. Dalam pendekatan teoritis, pembahasannya sengaja penulis fokuskan pada masalah-masalah pokok sebagai penyebab timbulnya masalah lain, diantaranya masalah dasar, tujuan, fungsi serta upaya-upaya yang dilakukan oleh guru agama dalam meningkatkan mutu pendidikan siswa dalam peranan pendidikan agama Islam.

Untuk mendapatkan data yang berkenaan dengan masalah diatas maka penulis menggunakan metode pembahasan yang diterapkan adalah metode deduktif, dan komperatif untuk mendapatkan data dari lokasi penelitian, metode pendekatan adalah metode angket, metode obserwasi, metode interview dan metode domentasi. Sedangkan untuk menganalisa data yang bersifat kualitatif dianalisa dengan diskriptif kualitatif dan adat yang bersifat kuantitatif atau yang diungkapkan dengan angka dianalisa dengan teknik analisis statistik prosentasi dengan rumus sebagai berikut :

Dari hasil analisis data ini didapatkan hasil penelitian bahwa peranan pendidikan agama Islam di sekolah menengah umum negeri 1 Ngantang, menunjukkan bahwa peranan guru, sekolah, kurikulum serta masyarakat sekitarnya harus ditingkatkan, sedangkan usaha pemecahkannya dengan mengirimkan beberapa guru mengikuti penataran, up grading, pemenuhan fasilitas secara bertahap, dan pemberian jam tambahan pada siswa yang menginginkan pendalaman dalam pemahaman pendidikan agama Islam.

Selanjutnya dalam penenlitian tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.       Keadaan mutu pendidikan SMUN 1 Ngantang, SMUN 1 Ngantang yang pada kenyataannya adalah sebuah komponen pendidikan agama Islam yang dalam kondisi yang cukup.
Upaya peningkatan mutu pendidikan agama Islam yang dilakukan adalah dengan mengupayakan pembinaan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan agama Islam terhadap keseluruhan komponen secara kontinyu.

Filenya ada dizini

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Siswa Di Sekolah Menengah Umum Negeri 1 Ngantang
Ditulis oleh Abid Muhammad Nur
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Siswa Di Sekolah Menengah Umum Negeri 1 Ngantang
Semoga artikel Peranan Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Siswa Di Sekolah Menengah Umum Negeri 1 Ngantang ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi