Keadilan Sahabat


Pembahasan tentang sahabat menjadi sangat urgen untuk mengkaji lebih jauh tentang hadis-hadis Rasul, karena  sahabat merupakan orang yang bertemu atau orang yang hidup sezaman dengan Rasul. Saat itulah merupakan titik awal munculnya hadis-hadis Rasul dan mereka inilah yang menjadi perowi pertama dalam ketersambungan sanad hadis. Oleh karena hadis memiliki urgensi yang sangat tinggi, maka ulama jumhur sepakat bahwa syarat bagi orang yang dapat dipakai hujjah riwayatnya hendaklah adil dan dhobith atas hadis yang diriwayatkanya.
Tentang siapa yang dimaksud dengan sahabat masih dalam perdebatan dimana ada yang mengatakan bahwa sahabat adalah orang yang melihat nabi dan meninggal dengan keadaan Islam, namun ada juga pendapat yang lain. Masing-masing golongan ternyata memiliki pendapat yang beragam lengkap dengan alasan-alasan yang dikemukakan.
Sumber utama hadis adalah para shahabat, yaitu mereka yang menyaksikan langsung kehidupan Rasulullah, melalui mereka berita dan kesaksian tentang kejadian-kejadian yang di alami Rasulullah, Pada tahap selanjutnya dijadikan hujjah       membawa pada perdebatan yang panjang dan belum menemukan titik temu yang jelas antara satu kelompok dengan kelompok lainnya.
dDi sinilah sebenarnya pentingnya membahas lebih jauh dan mendalam tentang keberadaan shahabat kaitannya dengan keberadaan hadis-hadis Rasulullah. Untuk itu sikap obyektif tanpa dilandasi dengan semangat sentimen golongan tertentu merupakan hal yang harus dimiliki, sehinga akan memunculkan kebenaran obyektif sesuai dengan realitas sesungguhnya.
Makalah ini akan memberikan sedikit gambaran tentang pengertian shahabat, kemudian tingkatan shahabat, selanjutnya bagaimana cara mengetahui shahabat, keadilan shahabat disertai dalil-dalil yang mendukungnya, serta masalah dha’if.
Download disini

Terimakasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Keadilan Sahabat
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Item Reviewed: Keadilan Sahabat
Semoga artikel Keadilan Sahabat ini bermanfaat bagi saudara. Silahkan membaca artikel kami yang lain.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik, jangan spam/ SARA
Boleh masang link asal jangan LiveLink, karena pasti saya hapus... THANKS

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi