HAM Dalam Perspektif Islam

HAM Dalam Perspektif Islam oleh : Prof. DR. KH. Sjeichul Hadi Permono, SH. MA - Menurut pandangan Islam, manusia diterima sebagai sosok pribadi yang utuh, tidak dipilah-pilah. Islam menempatkan manusia pada posisi yang berimbang antara jasmaniah dan rohaniyah. Keduanya merupakan satu kesatuan yang utuh, kemanunggalan yang totalitas.

Kehadiran manusia yang dilengkapi dengan akal budi dan pikiran (tidak sebagaimana makhluk lainnya) berfungsi sebagai Khalifah Tuhan dalam menegakkan tata kehidupan dunia sebagai bekal menuju masa depan yang hakiki yaitu kehidupan di akhirat. Tuhan menetapkan manusia sebagai wakil-Nya di bumi, dengan pemberian tri potensi pada diri manusia. Tri potensi ini adalah :
  • Al-Quwwatul Jismiyah / human frame, potensi jasmani;
  • Al-Quwwatul Aqliyah / human intellect, potensi intelgensial;
  • Al-Quwwatun Nafsiyah / human essence, potensi jiwa.

Manusia juga disebut sebagai:
  • Makhluk terbaik dan termulia;
  • Makhluk pemegang amanah dan bertanggung jawab
  • Makhluk yang memiliki hak pilih bebas;
  • Makhluk yang menyandang kelemahan;
  • Makhluk yang menyandang peran ganda;
  • Makhluk yang menyimpan fitrah ber-Tuhan.

Manusia makhluk terbaik dan termulia


Manusia dikatakan makhluk terbaik karena di antara makhluk ciptaan Tuhan memang manusialah yang terbaik, paling sempurna dalam bentuk maupun struktur anatomi jasmaniyah dan ruhaniyahnya sebagaimana dinyatakan dalam al-Qur’an yang artinya: ”Sesungguhnya kami ini telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya”. (Q.S. At Tin 95 : 4).

Dan dikatakan termulia karena manusia pertama, Nabi Adam a.s. mendapat penghormatan sujud dari para Malaikat atas perintah Allah, dalam AL-Qur’an surat Al Baqarah ayat 34 Allah berfirman yang artinya : “Dan (ingatlah) ketiak Kami berfirman kepada malaikat: “Sujudlah kemu kepada Adam, “maka sujudlah meraka kecuali Iblis, ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang kafir”.

Dari posisi manusia yang mulia itu Allah menyediakan jenis, macam dan sarana alam, untuk kepentingan umat manusia, baik berupa nabati, hewani, udara, air, besi, bulan. bintang, matahari, seluruh benda padat, cair dan cahaya seperti ditegaskan dalam firman Allah, surat Ibrahim (14) Ayat 32-33 yang artinya: “Allahlah yang telah menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air hujan dari langit “Dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu matahari dan bulan yang terus menerus beredar (dalam orbitnya) ; dan telah menundukkan bagimu malam dan siang”.

Manusia makhluk pemegang amanah dan tanggung jawab


Kesanggupan manusia menerima “amanah Allah” menunjukkan kepribadian manusia yang memiliki kesadaran tinggi akan arti keberadaannya dan memiliki keberanian untuk berbuat, bertindak dan menerima resiko sehingga manusia disebut sebagai makhluk bertanggung jawab.

Dalam kehidupan yang kekal nanti setiap diri manusia akan mempertanggungjawabkan amal perbuatannya. Sekecil apapun perbutan baik dan jahat yang dilakukan di dunia akan diperlihatkan dan diberi balasan yang setimpal, sebagaimana ditegaskan dalam Al-Qur’an surat 51 Adz-Dzariyat, ayat : 6-8:”Dan sesungguhnya (hari) pembalasan pasti terjadi”. “Demi langit yang mempunyai jalan-jalan”. “Sesungguhnya kamu benar-benar dalam keadaan berbeda-beda pendapat”.

Tanggung jawab ini tidak dapat diwakilkan kepada manusia lain. Masing-masing manusia akan memikul beban tanggung jawab atas diri sendiri, Al-Qur’an surat (6) Al-An’am, ayat : 164).“……. Dan seseorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain, kemudian kepada Tuhanlah kami kembali ………… .

Manusia sebagai makhluk yang bertanggun jawab atas akibat perbuatannya sendiri memiliki kesadaran penuh untuk menentukan sikap hidupnya, memilih jalan terang dan gelap. Tuhan menganugrahkan akal pikiran dan ruh untuk membedakan yang menetapkan mana yang baik dan mana yang buruk. Dengan demikian berarti manusia memperoleh anugerah yang tinggi yaitu ikhtiar (free will), hak pilih bebas, kebebasan untuk memilih dan menentukan sikap dan keyakinan hidupnya, bebas untuk menerima dan menolak dan menampakkannya. “Dan katakahlah : “Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu, maka barang siapa yang ingin (beriman) hendaklah ia beriman, dan barang siapa ingin kafir (kafir) biarlah ia kafir ………..”. (Al-Qur’an Surat Al-Kahfli ………”

Manusia makhluk yang lemah


Kemudian berbicara tentang kelemahan manusia bukan berarti mengkerdilkan maka eksistensinya, bukan pula karena pesimis, tetapi belajar untuk bersikap lebih baik dan transparan, menerima apa adanya secara jujur untuk menanggalkan sikap kepura-puraan dan kepalsuan yang hanya merugikan diri sendiri.

Kelemahan dan kerapuhan yang mampu mencegah hadirnya waktu yang jalannya detik demi detik, menit demi menit dan seterusnya merambat dan menyita “usia manusia”, sehingga pada akhirnya mau atau tidak, siap atau tidak, terpaksa atau tidak, manusia harus pasrah dan menyerah kedatangan ajal maut.

Sikap manusia sikap mental “tergesa-gesa” tak sabar menerima janji-janji Tuhan tetang kebahagiaan disisi-Nya kelak membuat manusia hidup cukup puas dalam lingkungan duniawi yang bersifat materi dan nisbi. Manusia diciptakan bertabiat tergesa-gesa (Q.S. Al Anbiya 21:37).

Kelemahan sikap mental manusia yang mudah diperbudak oleh glamornya kehidupan duniawi menjadikan mereka terhempas pada tempat yang serendah-rendahnya asfala safilin (Q.S. At Tin 95 : 5).

Berhubung sudah terlalu panjang, biar nyambung sama judulnya silahkan lanjutkan membaca  disini.

Approve Cepat Google Adsense Tahap Awal


dapatkan uang $ dari adsense Google
Approve Cepat Google Adsense Tahap Awal - Alhamdulillahirobbilalamin, puji syukur ke hadirat Allah SWT karena setelah beberapa kali melakukan pengajuan untuk menayangkan iklan Adsense Google selalu ditolak, akhirnya hari ini pengajuan untuk menjadi pengiklan Adesnse diterima untuk tahap 1 dengan cepat tanpa menunggu sampai berhari-hari balasannya. Berikut screenshoot e-mail balasannya.

email balasan saat di approve google adsense
Klik untuk memperbesar

Sedikit cerita tentang penolakan oleh google yang saya alami


Sebenarnya sudah dua kali sebelumnya saya mengajukan untuk menjadi pengiklan Adsense Google, dan ini adalah pengajuan saya yang ke tiga kalinya. Saat pengajuan pertama, saya ditolak, apa sebabnya saya sendiri tidak tahu, dan Google juga tidak memberi keterangan yang jelas mengapa permintaan saya ditolak. Akhirnya, saya mulai mencari referensi dari beberapa blog agar bisa approve cepat google adsense. Menurut  sumber yang saya baca saat itu (saya lupa nama blognya), agar bisa diterima menjadi pengiklan Adsense, blog kita harus bagus dalam tampilannya, menu bar harus ada terutama menu sitemap / daftar isi syukur-syukur bila lengkap mewakili setiap kategori posting kita untuk memudahkan pengunjung menjelajahi isi blog kita, akhirnya saya menambahkan sitemap/ daftar isi di menu bar dan mendaftar ulang untuk menjadi pengiklan, apa balasan dari Google? Saya ditolak lagi, entah apa sebabnya saya juga tidak tahu.

Setelah ditolak untuk yang kedua kalinya, sayapun mencari referensi lagi agar bisa approve cepat Google Adsense. Menurut sumber yang saya temukan (lupa juga, maklum manusia), agar bisa di aprove syarat utamanya blog kita harus sudah minimal berumur 6 bulan dan mendapat trafik pengunjung yang lumayan banyak. Menurut pikiran saya saat itu, sungguh berat syarat ini karena blog saya masih baru berumur kurang lebih 1,5 bulan, jadi masih kurang 4,5 bulan lagi untuk mendaftar ulang Adsense agar bisa di aprove. Akhirnya saya mencari lagi referensi lain, kali ini saya menemukan hal baru lagi, untuk bisa menjadi penayang iklan Google Adsense, selain umur blog sudah lama dan mempunyai trafik yang lumayan banyak, blog kita haruslah berbahasa Inggris minimal 10 posting, isi blog tidak melanggar hak cipta dan dilengkapi TOS (term of servis), Privacy policy, dan About. Karena syarat –syarat yang saya temui itulah, akhirnya saya memutuskan untuk  menunggu saja sampai umur blog saya 6 bulan dan memiliki trafik yang cukup untuk mendaftar lagi sebagai penanyang iklan Adsense.

Bagaimana saya aprove cepat Google Adsense?


Cerita ini bermula ketika saya membuat posting reciterQur’an lengkap 30 juz di blog saya satunya yang saya lengkapi dengan flash MP3 player yang ada playlistnya agar memudahkan pengunjung untuk mendengarkan langsung file yang akan diunduhnya. Terus terang saja posting saya yang saat itu, dalam pembuatannya membutuhkan waktu 2 hari sampai akhirnya saya posting, atau kurang lebih 10 jam kalau dihitung terus menerus seperti yang sudah saya ceritakan pada posting saya sebelumnya disini. Pada saat saya membuat flash MP3 player itu, saya memerlukan tempat hosting file flash MP3 dan playlistnya, dan saya memilih sites google sebagai tempat hosting tersebut yang menurut saya lebih mudah karena selain gratis juga tidak harus mengisi lagi form pendaftaran.

Saat menjelajahi fitur sites google, saya menemukan tab menampilkan adsense seperti tab earning di Blogger, langsung dalam pikiran saya muncul ide untuk mencoba mendaftar adsense lewat sites google, tidak lewat Blogger, siapa tahu bias di aprove.

Berhubung isi sites google yang saya buat saat itu acak-acakan karena rencana awal hanya ingin hosting gratis, akhirnya saya membuat lagi akun google baru dan membuat sites google yang lebih bagus dan tertata rapi yang dilengkapi TOS, Privacy Policy, terus About, juga fokus pada satu topik tema saja yaitu RPP dan Silabus. Baru kemarin tanggal 24 November saya membuat situs itu yang langsung saya isi dengan beberapa file pdf, dan baru hari ini pula saya mendaftarkan adsense lewat tab menampilkan iklan adsense yang ada di sites google, ternyata belum sampai 2 jam saya menunggu, sudah masuk sebuah e-mail yang seperti anda lihat pada screenshoot diatas. Mungkin anda merasa penasaran seperti apa sites google yang saya buat dan di approve Google Adsense, https://sites.google.com/site/kumpulanrppdansilabus. Mungkin kalo sekarang anda tidak akan melihat iklan adsanse di situs saya tersebut, karena iklan akan muncul otomatis setelah saya lolos verifikasi tahap 2.

Itulah sedikit cerita saya tentang approve cepat google adsense tahap awal, sekarang tinggal menunggu hasil verivikasi tahap 2, semoga di approve juga. Tolong bantu doakan ya…


Meningkatkan Kebiasaan Sholat Lima Waktu Melalui Pemberian Motivasi Multi Aspek Pada Siswa

ABSTRAKSI


Salamah, Zumrotus, S.Ag. 2009. Meningkatkan Kebiasaan Sholat Lima Waktu Melalui  Pemberian Motivasi Multi Aspek Pada Siswa – siswi SD Negeri 02 Tertek Kecamatan Tulungagung Tahun Pelajaran 2008 / 2009”.

Penulis berasumsi bahwa pembiasaan sholat lima waktu masih minim dilaksanakan oleh anak - anak, termasuk siswa-siswi SD Negeri 02 Tertek kecamatan Tulungagung. Setelah kami tanyakan dikelas, hampir setiap kelas hanya rata-rata 15% yang terbiasa sholat lima waktu, itupun umumnya anak-anak Rohis. Kami berasumsi bahwa kebiasaan sholat lima waktu dapat ditingkatkan. Asumsi tersebut jelas memerlukan metode yang jitu. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan  metode yang akurat dalam memacu siswa  guna pembiasaan sholat lima waktu. Sholat dicanangkan oleh Allah untuk membentuk kepribadian seorang muslim yang tangguh. Dalam sholat Allah mengajarkan hidup disiplin, hidup sabar, bermasyarakat, mengajarkan hidup sehat, hidup bersih lahir dan batin, menahan dan pengendalian diri, berkomunikasi dengan Khaliknya.

Permasalahan yang ditimbulkan adalah kurangnya kesadaran siswa untuk membiasakan sholat lima waktu. Inilah yang mendorong peneliti untuk mengkaji kebiasaan sholat lima waktu yang sudah jauh dari yang dicontohkan Rasulullah. Dari beberapa kali survey kecil, setiap kelas yang kami survey tidak lebih 15 % yang sudah melaksanakan sholat lima waktu secara rutin lima kali sehari semalam, sedangkan survey secara kuantitas belum lagi sebagai kualitas tentu lebih banyak lagi.

Metode yang saya gunakan adalah pemberian motivasi dengan memperdalam kajian sholat, melalui kajian nikmat umumnya, melalui kajian diri pribadi siswa, melalui  video penciptaan Alam semesta. Sehingga semua potensi rohani dan jasmaninya bisa berfungsi dengan lebih baik. Sehingga terdorong untuk mensyukuri nikmat-Nya salah satunya adalah melakukan shalat lima waktu

File lengkap silahkan unduh disini

Free Download Screen Saver Desktop Islami

Setelah dua hari tidak posting dikarenakan sibuk mencari referensi untuk membuat flash MP3 yang ada playlistnya untuk saya gunakan posting free download MP3 reciter Qur'an di blog saya yang satunya ini, akhirnya hari ini saya bisa untuk kembali membuatkan posting buat Celotehan Warung Kopi. Posting saya kali ini berawal dari saat saya mencari aplikasi athan untuk saya pasang di komputer saya sehingga bisa memperingatkan saya kalau sudah waktunya untuk sholat, pada saat itu selain saya mendapatkan aplikasi adzannya, saya juga mendapatkan screen saver desktop Islami yang lumayan bagus. Bahkan saya sendiri juga sudah mencobanya, dan hasilnya masih sampai sekarang aplikasinya masil terinstal di komputer saya.

Screen saver desktop Islami yang akan saya bagikan ini sudah termasuk professional karena selain memuat animasi flash, juga akan mengeluarkan suara reciter qur'an yang bisa membuat sejuk hati saat mendengar sebagai sound backgroundnya.Dan menurut saya screen saver ini sangat cocok dipasang di setiap komputer muslim.

Free download screen saver Islami

Berikut aplikasi screen saver desktop Islami yang saya maksud. Silahkan download langsung dari server web aslinya











Itulah tadi screen saver desktop Islami gratis yang mau saya bagi. Semoga dengan memasang aplikasi ini, kita bisa menjadi pribadi yang lebih Islami dan selalu mendapat perlindungan dari Allah S.W.T. Amiiin. Semoga bermanfaat

Download Athan 4.3 Aplikasi Alarm Waktu Sholat Desktop

Selamat pagi sobat....

Mungkin banyak diantara teman-teman muslim yang hobi banget nongkrongin komputer (termasuk ane sendiri...heehehehehe) yang karena asyiknya entah itu browsing, mengerjakan tugas, men game, chatting, nonton film, atau apalah sehingga kelupaan kewajiban kita sebagai seorang muslim yaitu sholat (iya nggak???...hehehehehe...kok tau? ya iyalah wong ane sendiri juga sering gitu). Nah kalau seperti itu permasalahannya, Celotehan Warung Kopi punya solusinya nih... Aplikasi Athan v. 4.3 yang bisa kita gunakan sebagai alarm komputer untuk mengingatkan waktu sholat.

Melihat fungsinya, aplikasi ini wajib dimiliki oleh semua muslim yang hobi nongkrongin komputer/ laptop, terutama sangat disarankan untuk dipasang di warnet agar pengunjung warnet tidak melupakan waktu sholat karena keasyikan ngenet, hitung-hitung sebagai amal ibadah karena mengingatkan orang lain untuk sholat :), jadi jangan cuma mikirin untung pribadi saja :).

Aplikasi ini cukup mudah dalam menggunakannya, tinggal setting dimana posisi kamu seperti screen berikut ini

Penting!!! Ada syarat utama agar aplikasi ini bisa digunakan yaitu harus ada komputer yang sudah ada speakernya. Sebab kalau cuma ada komputer tapi tidak ada speakernya aplikasi ini agak percuma kalo dipasang :)
Berikut keterangan langsung dari yang punya aplikasi
Athan (Azan) 4.3 allows you to hear automatic Athan (Azan) at the right time five times a day on every prayer time. Most Accurate Prayer times, Qiblah direction, Hijri Islamic Calendar, and many beautiful Athan (Azan, Adhan) sounds. More than 10 Million Athan Downloads Worldwide. The most popular religious software according to download.com 
 Silahkan download dari web developernya disini. Semoga bermanfaat

Gagal Lagi Daftar Adsense Google, Mengapa Ya?

Ahh capek dehhh.....

Maaf nih sebelumnya kali ini Celotehan Warung Kopi cuman mau posting ngeluh 'n curhat. Sudah 2X nih  Celotehan Warung Kopi daftar untuk aplikasi Adsense Google, eeehhh 2X juga ditolak. Padahal perasaan Celotehan Warung Kopi sudah berupaya untuk memenuhi kriteria agar bisa di aprove oleh Adsense Google yang disini. Tapi mengapa ya kok selalu ditolak???? Ada yang bisa bantu jawab nggak biar aplikasi Adsense yang dibuat Celotehan Warung Kopi bisa di Aproove oleh Google?









Tolong bantuin donk bagi temen-temen blogger yang sudah di Aprove oleh Google Adsense. Tolong beritahu mana saja yang harus dibenahi oleh Celotehan Warung Kopi. Thanks sebelumnya atas masukan dari sobat blogger.

Free Download Yahoo Messanger Terbaru versi 11.5.0.228 Offline Installer

Malem semua....


Setelah kemarin Celotehan Warung Kopi membagikan Google Chrome terbaru yang versi offline/ stand allone, kali ini Celotehan Warung Kopi mau berbagi aplikasi chat Yahoo Messanger terbaru versi offline juga, yaitu versi 11.5.0.228. Dari pada kalian mendownload biasa kan lama tuh, emang file aplikasinya kecil tapi saat instalnya kita harus online dan membutuhkan waktu yang lumayan lama. Kalau internet kita speednya bagus sih gak masalah, tapi kalo yang inetnya lolot, misal masih make dial up connection, wah lumayan capek deh nungguinnya kelar. Belum lagi adanya kemungkinan gagal instalnya dikarenakan koneksi kecil dan tidak stabil. 

Ok langsung saja bagi yang ingin mendownload Yahoo messanger terbaru versi bahasa Indonesia silahkan download di siniAtau kalu kalian ingin mendownload Yahoo messanger dalam versi bahasa yang asli yaitu Inggris silahkan download di sini

Ok, sekian dulu posting Celotehan Warung Kopi hari ini. semoga bermanfaat

Cara Sederhana dan spektakuler Mendapatkan Backlink Sampai Dengan Jutaan


Anda ingin Agar Link ke Blog Anda nempel terus dan dibantu promosikan oleh 1 juta orang lebih? Jika Ya, maka Anda dapat menggunakan iklan dengan Faktor Kali. Cara Kerjanya sangat sederhana. Anda mendaftar di link yang akan saya sebutkan beberapa saat lagi. Kemudian langsung LOGIN dan isi Data Anda meliputi Blog Anda, judul Blog Anda dan keterangan singkat tentang Blog Anda tersebut. Segera setelah itu anda akan punya WEBSITE REPLIKA KHUSUS dengan id Anda yang unik untuk Anda promosikan. Saran saya letakkan saja link link ini di blog Anda agar orang lain dapat mengikuti.

Anda pasti sangat mudah mengajak orang untuk mendaftar, karena semua orang butuh promosi, setiap orang ingin iklan mereka tersebar dengan cepat. Ok, anggaplah anda telah mulai mempromosikan website replika Anda tadi. Kita asumsikan 2 orang teman Anda sudah Gabung melalui link Anda!. 2 Orang ini disebut Level 1 Anda. Setelah itu promosi otomatis Anda akan mulai segera bekerja sendiri bagaikan autopilot. Mengapa? Karena link ke blog Anda tadi NEMPEL pada website 2 orang member Anda tadi. Sekarang Anda mulai dibantu promosi oleh 2 orang!.


2 Orang member Anda tadi juga bisa mengerjakan cara yang sama, mereka mengajak masing-masing 2 teman mereka, berarti ada tambahan 4 orang kan?. 4 Orang ini disebut Level 2 Anda. Total Jumlah member Anda sekarang menjadi 6. Kemudian ini berlanjut terus, 4 orang baru yang di level 2 Anda tadi juga mengajak 2 teman mereka, tambah 8 (Level 3). Sekarang Anda telah dibantu oleh 14 orang. Link Ke Blog Anda dibawa oleh 14 orang, padahal Anda hanya ngelink ke tempat saya satu kali bukan? Ini terus berlanjut!
Perkembangan seperti ini tabel perkembangannya:

LevelJumlahTotal
122
246
3814
41630
53262
664126
7128254
8256510
95121022
1010242046
1120484094
1240968190
13819216382
141638432766
153276865534
1665384131070
17131072262142
18262144524286
195242881048574
2010485762097150

Ternyata jika Anda mendaftar setelah ini, memasukkan informasi blog Anda, kemudia saya mengajak 2 orang saja maka iklan Anda dapat dibawa bukan oleh 1 juta orang lebih melainkan 2 Juta orang lebih! Promosi Anda yang sederhana bisa membuat iklan Anda NEMPEL pada sebanyak itu orang. Gratis pula!.
Anda tak akan menyia-nyiakan kesempatan ini. 

Silahkan bergabung sekarang juga kesini:

TESIS : Pengaruh Kemampuan Membaca Buku dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar

Abstrak


Pujiawan, Retno. Program Pascasarjana Universitas Kanjuruhan Malang, Pengaruh Kemampuan Membaca Buku dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri IV Sumberbendo Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung

Kata Kunci : kemampuan membaca buku , motivasi belajar, dan prestasi belajar

Tidak ada bahasa, tidak ada teknologi. Ini berarti menunjukkan betapa pentingnya penguasaan ketrampilan berbahasa. Sebagai salah satu dari empat ketrampilan berbahasa, membaca merupakan ketrampilan yang sangat penting bagi siswa. Ini dianggap sangat penting bagi siswa sekolah dasar di Indonesia, karena tujuan pengajaran membaca di sekolah dasar ialah siswa sekolah dasar bisa membaca dengan efisien, cepat dengan pemahaman yang baik.
Kenyataan menunjukkan bahwa masih banyak siswa sekolah dasar yang belum mempunyai ketrampilan membaca dengan baik, mereka masih kesulitan untuk mendapatkan ide, topik, informasi tertentu dan tersirat.
Masalah yang paling umum adalah motivasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa sebagai faktor internal untuk mendukung keberhasilan siswa harus ditingkatkan melalui pendekatan secara profesional, personal dan sosial. Ini adalah tantangan bagi guru. Motivasi belajar seharusnya mendapat perhatian yang sama dengan kemampuan membaca.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah , kemampuan membaca buku, motivasi belajar dan kolaborasi keduanya mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV SD Negeri IV Sumberbendo Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan bentuk hubungan kasual. Adapun sasaran penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri IV Sumberbendo Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung yang berjumlah 30 siswa.
Untuk memperoleh data digunakan angket, kemampuan membaca buku dan persepsi siswa tentang motivasi belajar. Berdasarkan hasil analisa peneliti menyimpulkan bahwa hasilnya signifikan.

Download file lengkap di sini
Pasword silahkan request ke Admin melalui SMS. GRATIS

Cara Paling Mudah Memunculkan Tab Penghasilan Untuk Google Adsense di Blogger Baru

Akhirnya setelah ubek-ubek nih blogger, bisa juga aku mengeluarkan tab penghasilan. Yah walaupun aplikasiku ditolak mentah-mentah oleh Adsense Google :'(, tapi paling tidak aku sudah lumayan puas karena bisa ngeluarin tab penghasilan itu. Oh iya perlu diketahui nih, kalo sebelumnya Bloggerku tidak ada tab penghasilannya loh, ada yang kayak gitu juga kan.... : ). Sebenarnya caranya cukup gampang lho untuk bisa memunculkannya, dan aku yakin teman-teman Blogger baru juga pada bingung tuh gimana caranya mengeluarkan tab penghasilan itu.... (kayak aku kemaren...kwkwkwkwkwk).

Oke deh daripada berlama lama ngomong ngalor ngidul gak jelas jeluntrungnya, yuk kita langsung cekidot trik sederhanya....

  • Login Blogger kamu dengan akunmu sendiri [...ya iyalah, masak mau login make akun orang laen : )]
  • Buka tab setelan kalo masih bingung nih tak kasih screenshootnya

  • Selanjutnya pilih tab Bahasa dan Pemformatan


  • Setelah itu pilih Inggris atau Inggris (Amerika Serikat) atau apalah, pokok intinya ganti bahasa yang semula Indonesia menjadi Inggris
  • Kalo setelah ganti bahasa Inggris ternyata belum muncul Tab Penghasilan kayak screen yang no (1), refresh dulu browsermu dan lihat hasilnya. 
  • Jreng-jreng..... Nongol tuh tab penghasilannya. Yang terakhir ucapkan Alhamdulillah.....berhasil-berhasil
Tapi sekarang yang bikin aku bingung adalah bagaimana caranya agar aplikasi permintaan Google Adsense kita diterima/ di Aprove. Bagi kawan-kawan yang gampang atau udah pernah Aprove Google Adsense, ayo dong berbagi ilmunya. 

Semoga sedikit trik ini bermanfaat dan membantu. Amin....




Memilih Laki-laki Ideal Untuk Menjadi Suami

Cerita konyol: 
Ada seorang janda muda yang cantik dan sexy banget sekaligus tajir abis namanya Linda ingin menikah lagi. Dia membuat iklan di media masa untuk mencari jodoh, dalam iklannya dia memberikan kriteria suami idamannya sebagai berikut:
  1. Tak suka melirik perempuan lain;
  2. Tidak akan pernah menampar istri;
  3. Tidak lari dari tanggung jawab dan terakhir adalah
  4. Bisa memuaskannya di tempat tidur.

Alhasil, esok hari pintu rumahnya di ketok seseorang. Dhok...dhok...dhok... Si janda membukakan pintu rumahnya, dan alangkah kagetnya dia, karena di depannya ada pria memakai kursi roda dengan kondisi buta, tanpa tangan dan kaki.

"Apakah anda yang bernama Linda?" Tanya si pria.
"Benar, anda siapa ya? Dan ada keperluan apa?" Jawab sekaligus tanya Linda.
"Saya mau melamar anda" kata pria tersebut.
"Wah nekat bener orang ini." kata Linda di dalam hati.

Karena melihat Linda shok mendengar jawaban itu, sebelum ditanya macam-macam pria yang memakai kursi roda itu berkata, " Saya ini buta, jadi tidak mungkin melirik wanita lain, saya tidak punya tangan, mana mungkin bisa memukul anda. Saya juga tidak punya kaki, jelas tak akan lari."
"Tapi apakah anda mampu memuaskan saya?"Tanya Linda.
Si pria itu dengan gusar berkata"Anda benar-benar telah menyepelekan saya, anda pikir saya tadi mengetok pintu pake apa?!"

Linda,"aaaaaah……#*@$?+"@*+..?!?!?" (Pingsan)

Tesis: Pengaruh Model Pembelajaran Make A-Match Dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa

A.     Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara (UU Pendidikan No 20 tahun 2003).
Kualitas pembelajaran harus ditingkatkan dalam rangka meningkatkan kualitas hasil pendidikan dan harus ditemukan strategi atau pendekatan pembelajaran yang efektif di kelas, yang lebih memberdayakan potensi siswa (Nurhadi,2004:2). Namun pada kenyataannya sekarang ini kualitas pembelajaran seperti yang diharapkan belum terwujud. Hampir semua guru yang menggunakan strategi pembelajaran tradisional sehingga kurang memberdayakan potensi siswa untuk lebih  aktif di kelas. Sedangkan dalam kurikulum 2004 menghendaki pembelajaran yang mengaarah pada kegiatan  yang mendorong siswa aktif, baik fisik, mental intelektual maupun sosial untuk memahami konsep pembelajaran.
Kondisi tersebut juga terjadi pada mata siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tulungagung, dimana siswa merasa jenuh dengan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru mereka, khususnya mata pelajaran Ekonomi. Dalam hal ini peran guru sangatlah diperlukan untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan.
Untuk mewujudkan kondisi tersebut maka tidak terlepas dari pemilihan metode pembelajaran dimana metode yang akan dipilih mampu mengarahkan siswa untuk lebih diperhatikan dalam metode pembalajaran, yaitu : (1) tidak ada yang unggul untuk semua tujuan dan kondisi, (2) metode yang berbeda memberikan pengaruh yang berbeda dan konsisten terhadap hasil belajar, (3) kondisi pembelajaran yang berbeda berpengaruh secara konsisten terhadap hasil belajar (Ghazali,2004:4). Asumsi – asumsi yang digunakan sebagai landasan pengembangan konsep pemberdayaan belajar siswa adalah siswa makhluk yang bebas membentuk dirinya sendiri, yang bermartabat, mampu mengontrol dirinya sendiri, dan memiliki karakterisik yang khas (Degeng,2000:8).
Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang secara sadar dan sengaja mengembangkan interaksi yang silih asuh untuk menghindari ketersinggungan dan kesalahpahaman yang dapat menimbulkan permusuhan (Nurhadi,2004:61). Dalam pembelajaran koopratif siswa belajar bersama dalam kelompok kecil untuk mencapai keberhasilan belajar, selain itu siswa akan lebih mudah menemukan dan memahami konsep – konsep yang sulit apabila mereka dapat saling mendiskusikan masalah – masalah tersebut dengan temannya.
Rendahnya pencapaian nilai akhir siswa ini, menjadi indikasi bahwa pembelajaran yang dilakukan selama ini belum efektif. Nilai akhir dari evaluasi belajar belum mencakup penampilan dan partisipasi siswa dalam pembelajaran, hingga sulit untuk mengukur keterampilan siswa. Untuk memperbaiki hal tersebut perlu disusun suatu pendekatan dalam pembelajaran yang lebih komprehensip dan dapat mengaitkan materi teori dengan kenyataan yang ada di lingkungan sekitarnya. Atas dasar itulah peneliti mencoba mengembangkan pendekatan kooperatif dalam pembelajaran dengan metode make a match.
Selain lingkungan sekolah ada lingkungan yang lebih penting dalam menentukan perkembangan siswa, yaitu lingkungan keluarga. Pendidikan dalam keluarga merupakan dasar bagi pendidikan di sekolah maupun di masyarakat. Dan keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama dan utama. Keluarga merupakan kelompok sosial terkecil dalam masyarakat, tempat pertama kali proses sosialisasi dilakukan (Soekanto,1992).
Dalam keluarga, orang tua berkedudukan sebagai pendidik dan pengasuh yang mempunyai peranan penting dalam proses perkembangan anak. Dasar pola kepribadian individu terbentuk melalui pengalaman sosialnya dalam keluarga. Dalam keluarga, orang tua bertanggung jawab dalam pembinaan pendidikan anak, dan dalam keluarga pula sebagai wahana sosialisasi awal perkembangan agar mampu meletakkan landasan watak dan kepribadian. Dalam hal ini perlu keteladanan dan suasana yang membantu peletakan dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan, dan daya cipta.
Penerapan bentuk pola pendidikan keluarga sangat berpengaruh terhadap perilaku anak, baik di rumah maupun di sekolah. Fungsi dan peranan keluarga ditata rapi diantara anggota-anggotanya yang pada dasarnya dianggap menduduki posisi penting dan strategis untuk menumbuh kembangkan lingkungan pendidikan anak yang multidimensional yang tidak saja mampu menciptakan dirinya sendiri sebagai anak yang baik, taat dan patuh di rumah, tetapi juga berprestasi serta menjadi panutan baik di sekolah maupun masyarakat. Jadi pola perilaku yang ditampakkan anak, sedikit banyak mencerminkan kehidupan  di dalam keluarganya.
Kondisi obyektif yang dikemukakan di atas menunjukkan bahwa penerapan bentuk pola pendidikan dalam keluarga mempunyai kaitan yang erat dengan kecenderungan perkembangan pengetahuan, sikap dan psikomotorik anak, sehingga perlu untuk dikaji dan dikembangkan serta dimantapkan dalam pembinaannya. Orang tua dituntut untuk lebih menyadari betapa besar peranannya sebagai penyedia segala kebutuhan, sebagai teladan, motivator dan pengarah bagi anak dengan menciptkan iklim kehidupan keluarga yang kondusif, harmonis dan berwawasan global.
Anak yang berasal dari keluarga yang harmonis dan mampu secara ekonomi akan terlihat memiliki kepribadian yang matang, stabil, dan kondisi kejiwaan yang mantap, ini terlihat dari kesanggupannya untuk menghadapi problem – problem yang terjadi, dan merasakan secara positif kebahagiaan dan kemampuan dirinya (Drajat, 1982).
Latar belakang pendidikan orang tua merupakan faktor yang esensial dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan kemampuan anak, baik dari segi kognitif, afektif maupun psikomotorik karena dengan latar belakang pendidikan orang tua akan mewarnai bagaimana orang tua tersebut mengatur rumah tangga termasuk dalam membimbing putra -  putrinya.
Berdasarkan uraian di atas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A-MATCH DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA” ( Studi Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tulungagung ).

Download Gratis file lengkap disini
Bagi yang menginkan paswordnya gratis silahkan hubungi Admin dengan kirim SMS (no HP. ada di complit profile). Semoga bermanfaat

Tesis: Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan dan Persepsi Metode Mengajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Gilang Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung

Kata Kunci : Pemanfaatan Perpustakaan, Metode Mengajar dan Prestasi Belajar.

Pembangunan sumber daya manusia dilakukan melalui proses pendidikan, mulai SD sampai Perguruan Tinggi. Dalam menyongsong keberhasilan otonomi daerah, diperlukan sumber daya manusia (tenaga) yang berkualitas. Untuk itu dilakukan pemanfaatan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembangunan nasional, yang merupakan usaha peningkatan kualitas sumber manusia dan masyarakat Indonesia. Permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia antara lain adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang, terutama pendidikan dasar dan menengah. Oleh karena itu kemampuan guru dalam mendorong siswa untuk berprestasi adalah sangat penting. Begitu juga kemampuan membina siswa untuk memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut : (1) Untuk mengetahui apakah pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa Kelas V SDN 1 Gilang Ngunut, Kabupaten Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan persepsi metode mengajar terhadap prestasi belajar siswa Kelas V SDN 1 Gilang Ngunut, Kabupaten Tulungagung. (3) Untuk mengetahui secara bersama-sama pengaruh yang signifikan pemanfaatan perpustakaan dan persepsi metode mengajar terhadap prestasi belajar siswa Kelas V SDN 1 Gilang Ngunut, Kabupaten Tulungagung.
Penelitian ini termasuk penelitian terapan, metode survey, tingkat eksplanasi asosiatif dengan  hubungan variable kausal, dan jenis data kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN 1 Gilang Ngunut, Kabupaten Tulungagung, yang berjumlah 40 orang siswa. Melihat subyek penelitian berjumlah relative tidak terlalu banyak (40 orang), maka sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik sampling jenuh, yaitu semua jumlah populasi dijadikan sample.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : (1) Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat dan dapat menyajikan temuan empirik tentang pemanfaatan  perpustakaan terhadap  prestasi belajar siswa Kelas V SDN 1 Gilang Ngunut, Kabupaten Tulungagung, (2) Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan informasi bagi lembaga pendidikan khususnya sekolah dasar agar dapat melakukan penyesuaian kebijakan, sehingga dapat meningkatkan mutu lulusannya, (3) Menambah referensi bagi peneliti lain dalam menganalisis lembaga pendidikan, khususnya dengan masalah tersebut untuk dikembangkan lebih lanjut.
Download file lengkap disini. Pasword silahkan minta ke admin gratis dengan kirim SMS

Konyol: Iklan Komersil Konyol Yang Bikin Otak Ngeres

Bagaimana jadinya kalo anda melihat iklan seperti berikut ini???Ngakak dulu yuk buat nglangin stress



Kondisi Bayi Saat Dibacakan Ayat-Ayat Suci Al-qur'an

Pengen tahu bagaimana kondisi bayi yang masih di dalam kandungan saat mendengar bacaan ayat-ayat suci Al-qur'an? Yuk kita saksikan bersama video you tube berikut



Semoga tayangan tadi dapat bermanfaat bagi kita semua dan para orang tua pada khususnya.

Pendidikan di Indonesia Antara Elitisme dan Populisme

Pidato Presiden KH. Abdurrahman Wahid di STAIN Malang
Dalam rangka peresmian Ma’had Sunan Ampel Al-‘Ali 17 April 2001
                 Saya kembali ke sini memang sarat dengan kenang-kenangan, karena saya pernah menjadi dosen disini, pada saat itu gandengan saya adalah pak Bukhori Sholeh (almarhum). Dan disini pada waktu itu saya mengajar kapita selekta, yang sekaligus mengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Theologia Balawiyata milik gereja Kristen Jawi Wetan. Yang membawa saya kesini adalah pembicaraan saya dengan DR. Muslim Abdurrahman mengenai pentingnya pendidikan nasional merubah arah dan orientasi. Jadi kalau yang lain minta kepandaian, ketrampilan ataupun peralatannya, semua harus punya arah dan orientasi yang ditetapkan. Kalau ini keliru maka seterusnya akan keliru. Saya berpendapat bahwa pendidikan nasional kita selama ini terlalu mengikuti paham Positivisme di dalam pendidikan. Positivisme ini banyak aspek-aspek yang positif, tetapi juga ada kerugian-kerugian ketika kita menggunakan aliran positivisme, yang pada kenyataannya membuat perguruan tinggi kita terpisah dari masyarakat, dan ini diingatkan secara terbuka oleh Romo Mangunwijaya. Beliau selalu mengemukakan pentingnya orientasi yang benar dalam pendidikan kita. Kata-kata ini menjadi nyata bagi kita, betapa orang kalau sudah punya gelar Prof. DR. Seakan-akan mempunyai ketrampilan yang luar biasa ternyata pada kenyataannya tidak tidak seperti itu. Seperti yang dikatan oleh ketua STAIN tadi yaitu tidak punya daya tahan menggeluti perubahan-perubahan yang besar.
            Kalau kita cocokkan dengan kata dari Ronggowarsito, “iki jaman edan, sing ora edan ora kumanan, neng sak bejan-bejane wong edan sik bejo wong sing waspodo lan kelingan” dalam pendidikan yang punya aliran positivisme hal itu telah hilang, bahkan pengertian yang baik dan buruk itu hilang yang ada hanyalah keterampilan. Pada titik ini beliau mempunyai ukuran-ukuran yang yang jelas mana yang baik dan mana yang memang betul-betul salah, oleh karena itu di saat kita mencari yang tepat pada perguruan tinggi kita dalam rangka pendidikan nasional, maka kita harus menemukan ukuran-ukuran mana yang benar dan yang tidak benar. Ini yang menjadi penyebab mengapa orang-orang yang hebat dibidang ilmiah mau bekerja di bawah Hitler. Karena mereka hanya mengembangkan skill, tetapi tidak mengedepankan moralitas. Di Jerman pada waktu itu ada seorang ahli ekonomi yang punya keinginan membuat jalan tol karena dengan itu para pembuat jalan tol penghasilannya akan lebih besar. Mereka juga akan membutuhkan barang jadi oleh karena itu mereka disediakan manufacturing Industry, seperti kita kenal seperti Sepeda Motor BSA, Mobdanl Volk Wagen, ini adalah barang-barang yang dibuat oleh rakyat Jerman yang sudah terangkat penghasilannya karena program tersebut. Tetapi karena tidak adanya standar Moralitas, karena pada waktu itu Jerman punya motto, Jerman adalah diatas segala-galanya. Oleh karena itu kemudian bangsa Jerman menjajah negaralain yang berakhir pada perang Dunia ke-II.
            Begitu juga dengan Jepang pada sekitar tahun 30-an yang punya kebijakan Dumping(dumping policy) untuk menjaga penjualan keluar negeri, kemudian Jepang menjajah negara-negara tersebut yang pada akhirnya negara jajahan tersebut dijadikan tempat memasarkan barangnya. Seperti di negara kita ada Nisan, Toyota dan lain-lain. Apalagi banyak pabrik-pabrik yang dibuat oleh Jepang yang pada akhirnya diklaim oleh Jepang, sekaligus pabrik-pabrik penghasil polusi dipindahkan dari negara maju ke negara seperti Indonesia. Akhirnya rakyat kita menderita karena kesalahan-kesalahan Policy  yang akhirnya hutan-hutan kita gundul dan semakin menumpuknya hutang. Bagaimana kita akan membangun ekonomi secara besar-besaran apabila infrastruktur kita sangat tidak memadai dan sekarang ini kita mencoba untuk mengembangkannya. Bahkan kita jungkir balik untuk mengembalikan itu karena mulai dari dulu hutan digunduli, banyak dicuri, sedangkan gasnya banyak digelapkan. Bahkan di Indonesia Obeng sama  kunci Inggris saja harus impor dari luar negeri.

Unduh file selengkapnya disini

Interelasi Antara Agama dan Politik


Telaah atas Ralitas Peran Politik Elit Agama 
Kini dan yang akan Datang
Oleh : Prof. Dr. H. Imam Suprayogo
          Dalam perkembangan politik di tanah air belakangan ini, di satu pihak terlihat luapan partisipasi politik di kalangan umat dan elite agama (Islam) yang kental membawa agama beserta ayat-ayat dalam menyuarakan aspirasi politiknya. Sementara di pihak lain, terdapat kecenderungan pada sebagian pemimpin agama dan politik untuk memisahkan peran dan fungsi agama dari urusan politik sehingga seringkali memunculkan imbauan agar tokoh politik tidak melibatkan agama dalam politik praktis.
            Apakah pandangan dan kecenderungan yang disebutkan terakhir itu memiliki relevansi jika dilihat dari kaca mata sosiologi dan dari sisi normative Islam? Bukankah peran elit agama dalam kiprah sosial politiknya paling nyata dan signifikan sepanjang masa?
            Menggambarkan elit agama pada saat sekarang ini bukanlah pekerjaan yang gampang. Sebab, mereka yang tergolong elit agama dewasa ini tidaklah tunggal dan homogin, melainkan amat variatif. Dilihat dari sisi latar belakang pendidikan mereka, terdapat elit agama yang lahir dari lembaga pendidikan pondok pesantren, perguruan tinggi agama  seperti IAIN, STAIN, atau PTAIS, perguruan tinggi umum, dan bahkan juga berlatar belakang pendidikan ganda, yaitu lulusan pondok pesantren sekaligus pendidikan tinggi agama atau umum. Dilihat dari pekerjaan, ada yang bekerja sebagai petani, pedagang, pegawai negeri dan bahkan juga sebagai pejabat pemerintah. Dilihat dari segi partisipasi politiknya, terdapat elit agama yang menjadi aktifis politik di berbagai parpol , ada pula yang menempatkan diri sekedar sebagai pengamat, dan bahkan banyak pula elit agama yang tidak peduli pada dunia politik. Bagi mereka yang aktif dalam politikpun cukup variatif, ada yang berada pada organisasi politik Islam, dan ada juga yang berada di organisasi politik yang tidak menggunakan identitas agama. Selain itu, terdapat elit agama yang dekat penguasa, dan ada pula yang mengambil posisi berjauhan.
            Perbedaan latar belakang dari berbagai sudut tersebut menjadikan  mereka seringkali tampil berbeda dalam menghadapi problem, termasuk juga dalam problem-problem politik. Oleh karena itu, tidaklah terlalu ganjil jika sebuah seruan untuk menjaga persatuan tidak saja muncul dari elit agama kepada umatnya, melainkan juga dari dan untuk elit agama itu sendiri. Sebagai contoh, akhir-akhir ini sering muncul suatu seruan agar para elit agama tidak menggunakan ayat-ayat kitab suci untuk kepentingan politik.
          Variasi elit agama sebagaimana dideskripsikan itu tidak mudah bagi siapapun yang ingin memahaminya yang kemudian tidak jarang melahirkan perdebatan, yang paling serius, misalnya, apakah mereka selayaknya ikut serta aktif dalam politik ataukah tidak. Perdebatan itu sesungguhnya telah cukup lama terjadi. Sebagian pihak berpandangan bahwa elit agama seharusnya cukup berperan sebagai pengayom umat, terutama dalam kehidupan beragama. Elit agama dianggap lebih tepat jika menghindarkan diri dari kegiatan Politik. Sebaiknya, ada pula yang berpandangan bahwa berpolitik merupakan bagian dari kehidupan agama itu sendiri, sehingga tidak mengapa mereka ikut ambil bagian dalam poitik.
        Perdebatan tentang posisi elit agama sesungguhnya tidak saja dalam lingkup politik praktis, melainkan juga dalam konteks perubahan sosial.  Geertz (1960:220-249) misalnya, menyatakan bahwa elit agama tidak memberikan apa-apa terhadap gerakan politik. Pandangan serupa juga dikemukakan oleh Deliar Noer. Ia mengatakan bahwa gerakan politik lebih banyak diserahkan kepada kalangan adat dan priyayi. Bahkan ia menilai, kelompok elit agama ini amat pasif dalam menentang penjajah. Mereka lebih suka mengurung diri di pesantren, dengan mengembangkan tarekat.
Unduh file selengkapnya disini

Simbol-simbol Lagu "Satu" Dewa 19 Apakah Gerangan di Balik Itu Semua?

Coba perhatikan video Dewa 19 "Satu" youtube berikut ini

Ada apakah gerangan dibalik simbol-simbol yang ada pada lagu tersebut???silahkan cari sendiri deh di Google dengan keyword Penganut Iluminati di Indonesia dan juga bahayanya.

Kumpulan Foto Mobil Keren

Kalo disuruh milih, kamu mo pilih yang mana nih????

foto mobil keren warkop 1
Mobil keren Warkop 1

foto mobil keren warkop 2
Mobil keren Warkop 2

foto mobil keren warkop 3
Mobil keren Warkop 3

foto mobil keren warkop 4
Mobil keren Polisi Warkop 4

foto mobil keren warkop 5
Mobil keren Warkop 5

foto mobil keren warkop 6
Mobil keren Warkop 6

foto mobil keren warkop 7
Mobil keren Warkop 7

foto mobil keren warkop 8
Mobil keren Warkop 8

foto mobil keren warkop 9
Mobil keren Warkop 9

foto mobil keren warkop 10
Mobil keren Warkop 10

Metode Pemikiran Al-Ghazali Dalam Teologi Islam


(Sebuah Telaah atas karya Dr.HM.Zurkani Jahja)

A.     Latar Belakang Masalah

Al-Gazali merupakan figur yang selalu ada dan terlibat dalam setiap diskursus keislaman, ia seakan tidak lepas dari pertimbangan siapapun yang berusaha memahami Islam secara luas dan mendalam (Nurcholis Madjid,1997), hampir dalam keseluruhan disiplin ilmu-ilmu keislaman seperti teologi, filsafat, tasawuf, dan sebagainya ia selalu terlibat didalamnya. Sebab itu cukup beralasan apa yang dinyatakan Nikolson (1976) dalam bukunya, The Idea of Personality in Sufism, bahwa seandainya masih ada seorang nabi setelah Muhammad Saw. maka al-Ghazali lah orangnya.
Dalam diskursus seputar teologi, al-Ghazali juga merupakan figur, yang oleh Dr.Zurkani dikatakan cukup unik dan menarik untuk dikaji, banyak para ahli yang melakukan penilaian terhadap al-Ghazali cukup bervariasi dan terkadang kontradiktif antara penilaian satu dengan lainnya, dan penelitian Dr.Zurkani ini adalah juga merupakan bentuk dan varian atas penilaiannya terhadap al-Ghazali terutama aspek metodologi pemikirannya dalam teologi.
Penelitian Dr.Zurkani ini didorong dan dilatarbelakangi oleh tiga hal yang cukup mendasar, yaitu;
1)      Bahwa kajian atau karya yang ditulis tentang al-Ghazali sementara ini lebih banyak mengarah pada kajian isi atau materi pemikiran al-Ghazali serta tentang kepribadiannya, penelitian belum banyak atau bahkan belum sama sekali ditemukan yang mengungkap aspek metode pemikiran al-Ghazali, padahal menurut Dr.Zurkani, pemahaman tentang metode pemikiran akan lebih memperkaya dan berguna dalam pengembangan pemikiran keagamaan pada masa sekarang ini dan akan datang “al Thariqhah ahammu bi al maaddah”.
2)    Dalam sejarah perkembangan teologi Islam (asy’Ariyah), tokoh al-Ghazali merupakan figur yang menarik. Terdapat sejumlah penilaian yang beragam terhadapnya, di satu sisi al-Ghazali dinilai sebagai seorang pendukung setia Asy’arisme, yang dengan demikian ia dianggap sepenuhnya mengikuti metode pemikiran al Asy’ari dalam memformulasikan teologinya, tetapi di sisi lain al-Ghazali diduga mempunyai metode pemikiran sendiri di bidang teologi, meskipun ada persamaan dengan metode al Asy’ari, berdasarkan perspektif yang kontradiktif tersebut Dr.Zurkani berusaha mengkaji bagaimana sebenarnya metode pemikiran al-Ghazali dalam teologi Islam ? jawaban tersebut akan membantu kita meletakkan posisi al-Ghazali di tengah-tengah para teolog Islam lainnya.
3)      Berkaitan dengan yang alasan pertama bahwa metode berfikir lebih penting karena sifatnya yang lebih mendasar dibanding hasil pemikiran itu sendiri. Melalui penelusuran metode pemikiran al-Ghazali tentang teologi Islam dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan pembaharuan (tajdid) dan dalam pengembangan teologi Islam yang lebih relevan bagi umat Islam pada masa sekarang dan yang akan datang.
Terkait dengan pernyataan bahwa terdapat penilaian yang kontradiktif, apakah al-Ghazali merupakan pengikut setia al Asyari atau ia seorang pemikir yang tidak terikat oleh pemikiran sebelumnya, Harun Nasution (1972;69) menganggap al-Ghazali seorang tokoh yang telah mengembalikan beberapa doktrin tertentu kepada ajaran sang pendiri (asy’ari), setelah tergeser oleh pendapat dua tokoh sebelumnya (al Baqillani dan al Juwaini) yang lebih dekat kepada mu’tazilah, demikian juga apa yang dinyatakan Ibnu Khaldun, Syed Ameer Ali, dan Fazlur Rahman yang senada dengan di atas, tetapi menurut Muhammad Abu Zahrah, bahwa al-Ghazali bukan seorang pengikut al Asy’ari atau al Maturidi, ia adalah seorang pemikir bebas yang pemikirannya tidak terikat dengan aliran apapun. Permasalahn-permasalahan tersebut menurut Dr.Zurkani perlu untuk dijernihkan, sehingga penelitian dalam konteks di atas masih dianggap cukup menarik.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini oleh Dr.Zurkani dirumuskan dalam tiga sub masalah, yaitu;
1.      Bagaimana konsepsi al-Ghazali tentang teologi Islam ?
2.      Bagaimana konsepsi al-Ghazali tentang sumber-sumber teologi Islam ?
3.      Bagaimana konsepsi al-Ghazali tentang cara orang bisa meyakini kebenaran akidah Islam ?
Dari rumusan masalah di atas, selanjutnya ditetapkan judul penelitian yaitu “metode pemikiran al-Ghazali dalam teologi Islam” (dalam buku ditulis “Teolodi al-Ghazali; Pendekatan metodologi), maksud dari topik tersebut adalah berusaha mengkaji dan meneliti cara berfikir yang digunakan al-Ghazali menurut sistem aturan tertentu tentang aqidah sehingga menghasilkan suatu corak teologi Islam sebagaimana nampak dalam karya-karyanya.

File selengkapnya silahkan unduh disini.

Rekontruksi Pendidikan Agama Sesuai Tuntutan Era Reformasi

Oleh : Dr. Sanapiah Faisal

Badai krisis moneter dan ekonomi yang melanda Indonesia semenjak pertengahan tahun 1997 lalu patut dijadikan pelajaran berharga. Klaim keberhasilan pembangunan ekonomi yang selama ini menjadi legitimasi orde baru ternyata semu belaka. Fundamental ekonomi nasional yang selama ini dikira kuat, ternyata kropos. Pertumbuhan dan stabilitas ekonomi yang selama ini dianggap mantap, ternyata rapuh dan gampang tumbang. Motor penggerak pertumbuhan ekonomi yang selama ini diandalkan pada segelintir konglomerat dan pengusaha besar, ternyata malah mereka itu yang membuat sedemikian terpuruk dan dahsayatnya badai krisis ekonomi nasional.Transformasi structural ekonomi nasional menuju industrialisasi yang berbasiskan sumberdaya domestik (footlose industry), ternyata sedemikian gampang sekarat terkena badai krisis moneter, akibat ketergantungannya yang tinggi kepada komponen impor. Kehidupan masyarakat yang selama ini dikenal guyub, rukun, dan santun ternyata mudah diorat- arit dan dibuat lepas kendali sehingga tervipta berbagai rupa kerusuhan, perseteruan, penjarahan, hujat menghujat hingga baku bunuh, dam bahkan muncul suara-suara yang ingin melepaskan diri dari ikatan negara kesatuan Republik Indonesia. Yang berkembang bukan lagi semata-mata krisis moneter dan ekonomi, tetapi juga krisi politik, dan bahkan krisis sosial serta budaya.

Berbagai kenyataan tak sehat yang sedemikian itu tak lepas dari akibat sentralisasi kekuasaan yang dibangun sedemikian dahsyat selama rezim Orde  Baru sehingga melahirkan penyalahgunaan kekuasaan yang dahsyat pula. Persis seperti sinyalemen klasik Lord Acton yang menyatakan : Power tend to corrupt. Absolute Power, corrupts absolutely. Suatu kekuasaan akan cenderung korup atau disalahgunakan. Suatu kekuasaan yang mutlak, akan korup atau disalahgunakan secara mutlak pula. Di situ berlangsung apa yang oleh Herbert Spencer disebut Darwinisme Sosial yang liar, dimana yang lemah akan merana, “disantap”, dipinggirkan, atau “dibodohi” oleh mereka yang kuat (memiliki kekuatan atau power”, apakah dibidang politik, ekonomi, ataukah dalam penguasaan ilmu pengetahuan ).
Itulah yang terjadi secara masif selama rezim Orde Baru sehingga wajar bila supremasi hukum tidak jalan, tertib hukum berlangsung tidak tertib, hasil pembangunan  hanya dinikmati secara optimal oleh segelintir orang, muncul berbagai rupa “bid’ah politi” (termasuk Dwi Fungsi ABRI, mono loyalitas, azaz tunggal, P4, kebijakan NKK – BKK, dan banyak lagi yang lainnya ) untuk menjinakkan serta membodohi rakyat (termasuk berbagai kekuatan sosial, Politik, dan ekonomi dalam masyarakat), dan budaya KKN merajalela di mana-mana, di tingkat pusat maupun daerah. Kenyataan (“hukum rimnba” dan “lupa darata”) demikian itulah yang melahirkan gerakan reformasi, yang secara gencar menuntut reformasi politik, ekonomi, dan hukum.

Tuntutan Essensial Era Reformasi

Bila menggunakan idiom-idiom agama (Islam),  Secara lugas bisa dinyatakan bahwa era reformasi pada hakikatnya menuntut penciptaan tatanan masyarakat utama (khoiratul ummah) yang bebas dari kemusyrikan, kezaliman, kemungkaran, dan kejahiliaa; relatif sering dengan ide dasar masyarakat madani (civil society) yang popular belakangan ini, tetapi secara konseptual sangat jauh berbeda sandaran moralnya. Dengan reformasi yang menyeluruh, masyarakat diharapkan terbebas dari perbuatan primitif rendah (biadap) yang menyekutukan Tuhan dengan berbagai rupa berhala baru (“kekuasaan”,  “harta benda”, “kepentingan farokiah”) tanpa mempedulikan nilai-nilai spiritualitas yang suci dan luhur (secara kaffah) sebagai manifestasi dari akhlaaqul kariimah, bukan sekedar formalisme dan simbolik yang kehilangan makna kebasmalaannya sesuai etika kekhalifahan di muka bumi yang pengasih, penyayang dan rahmatan lil”aalamiin.

Dengan begitu. Diharapkan terkikis habis penyakit Darwinisme sosial liar yang condong menyalahgunakan kekuatan atau kekuasaan yang dimiliki (semau gue) tanpa menghiraukan prinsip-prinsip moral menjunjung tinggi nilai kebenaran, keadilan, dan kemanusiaan yang universal. Diharapkan tidak ada lagi segala bentuk otoriterianisme, apakah berwujut kediktaran di bidang politik, monopoli di bidang ekonomi, ataukan pemborongan kebenaran di bidang edeologi maupun ilmu pengetahuan. Sebab bila hal-hal tadi masih dibiarkan membudaya, maka praktik depolitisasi dan pembodohan masyarakat, dehumanisasi dan pelanggran HAM akan tetap berlangsung secara tak terelakkan (secara terang-terangan ataukah tersamar) sebagaimana yang terjadi di era kepemimpinan jenderal suharto; akibatnya akan berujung pada munculnya generasi bangsa yang static, patalistik, mandul kreativitas, bermental ABS, dan lama kelamaan (Akhirnya) bisa tumbuh menjadi bangsa yang kehilangan perspektif tentang mana yang benar dan mana yang salah, mana yang terpuji dan mana yang tercela, mana yang adil dan mana yang zalim, mana yang siraatul mustaqien dan mana yang siraatut toughut sebagaimana di zaman masyarakat jahiliah. Dan, cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum, serta demokrasi politik dan demokrasi ekonomi menjadi jauh dari kenyataan.

Unduh file lengkap di sini.

 
Copyright © Celotehan Warung Kopi